INTEGRASI SUMBER BELAJAR YOUTUBE DAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 7 SURAKARTA

Elvina Dara Puspita(1), Ikha Nadia Lilfitri(2), Wahyu Widiyatmoko(3*)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Pandemi covid-19 membuat adanya peningkatan penggunaan E-learning untuk menunjang proses belajar mengajar, dikarenakan kebijakan dari pemerintah untuk bekerja dirumah (work for home) yang mengharuskan proses kegiatan belajar mengajar dikelas digantikan dengan proses belajar mengajar secara online. Salah satu media E-learning yang dapat diterapkan sebagai pengalihan kegiatan belajar mengajar di kelas yakni dengan media google classroom.  Google classroom adalah salah satu media untuk pembuatan, pendistribusian materi dan juga penilaian siswa melalui media online yang dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran jarak jauh, hal ini tentunya sangat cocok digunakan dimasa pandemi covid-19 yang mengharuskan semua sekolah untuk melakukan pembelajaran jarak jauh, tak terkecuali di SMAN 7 Surakarta. Di Youtube sendiri terdapat banyak sekali video materi pembelajaran yang dapat diperoleh untuk tambahan materi disamping buku pegangan yang dimiliki siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, didalam pengumpulan datanya menggunakan hasil observasi dan pengamatan. Tujuan kegiatan ini yakni untuk memberikan pengetahuan terkait penggunaan aplikasi google classroom untuk menyajikan materi dan juga youtube untuk tambahan materi yang diperlukan didalam proses belajar mengajar secara daring dimasa pandemi.

Keywords

google classroom;youtube;media pembelajaran;pembalajaran daring

Full Text:

PDF

References

Anugrahana, A. (2020). Pembelajaran elektronik daring atau dalam ja. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Danurahman, J., Hermawan, H., & Mazid, S. (2021). Keefektifan Penggunaan Media Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi. Jurnal Kalacakra, 2(2), 65–74. Retrieved from https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/kalacakra/index.

Fitra, A., dkk. (2020). Pemanfaatan dan Pengelolaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran dan Pengajaran Daring bagi Guru-Guru SMP. Jurnal Pengabdi, 3(2), 101-107.

Hayati, I. R., & Sujadi, E. (2018). Perbedaan Keterampilan Belajar Antara Siswa Ipa Dan Ips. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(1), 1. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v14i1.250.

Ismayati, E., Agung, A., Rijanto, T. (2020). Media E-Learning Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(3), 605-609.

Maulana, A. A., & Faristiana, A. R. (2021). Pendampingan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Menggunakan Google Classroom. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(1), 45–55. Retrieved from http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/162.

Mulatsih, B. (2020). Penerapan Aplikasi Google Classroom, Google Form, dan Quizizz Dalam Pembelajaran Kimia Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Karya Ilmiah guru, 5(1). 16-21.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1).

Sa’adah, U., & Ariati, J. (2018). Hubungan Antara Student Engagement (Keterlibatan Siswa) Dengan Prestasi Akademik Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 9 Semarang. Jurnal Empati, 7(1), 69–75.

Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. PROSIDING SEMINAR NASIONAL LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS NEGERI Makasar, 122–125. Retrieved from https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:SS_jKM_r2TAJ:https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/download/8256/4767+&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id

Tutiasri, R., Laminto N., & Nazri, K. (2020). Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Masyarakat dan Keamanan, 2(2), 2-8.

Article Metrics

Abstract view(s): 436 time(s)
PDF: 249 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.