RUANG SISWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 3 PANGKALPINANG

Fitri Anggi Widyani(1), Fitri Wulandari(2), Christina Kartika Sari(3*), Rini Setyaningsih(4)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Di masa pandemi Covid-19 ini diperlukan media pembelajaran yang menjembatani proses pembelajaran daring, tak terkecuali untuk mata pelajaran matematika yang dinilai sebagai mata pelajaran yang kurang diminati peserta didik. SMP Negeri 3 Pangkalpinang memanfaatkan Ruang Siswa sebagai media pembelajaran untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pengelolaan Ruang Siswa sebagai media pembelajaran  di SMP Negeri 3 Pangkalpinang, 2) menganalisis respon peserta didik dalam penggunaan Ruang Siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Sampel penelitian adalah 42 peserta didik kelas IX di SMP Negeri 3 Pangkalpinang. Selain itu, wawancara dan dokumentasi juga dilakukan untuk menggali data mendalam terkait pengelolaan Ruang Siswa. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, peserta didik merespon positif penggunaan Ruang Siswa dalam pembelajaran daring di SMP Negeri 3 Pangkalpinang, tapi perlu dioptimalkan lagi dalam pembelajaran matematika.ort to their students in order to increase learning independence.

Keywords

dance;cultural;homogenization

Full Text:

PDF

References

Affouneh, S., Salha, S., & Khlaif, Z. N. (2020). Designing Quality E-Learning Environments for Emergency Remote Teaching in Coronavirus Crisis. Interdisciplinary Journal of Virtual Learning in Medical Sciences Letter, 11(2), 135–137. https://doi.org/10.30476/IJVLMS.2020.86120.1033

Agustina, Lady, & Adi, S. (2021). Sosialisasi Metode Pembelajaran Efektif Serta Penerapan Prokes Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1 (Maret 2021)), 35–40. https://doi.org/https://doi.org/10.31537/dedication.v5i1.437

Alfina, O. (2020). Penerapan LMS-Google Classroom dalam Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19. Majalah Ilmiah Methoda, 10(1 (Januari-April)), 38–46. https://doi.org/https://doi.org/10.46880/methoda.v10i1.537

Alsaeedi, A. (2020). Comparing Web Accessibility Evaluation Tools and Evaluating the Accessibility of Webpages : Proposed Frameworks. Information, 11(40). https://doi.org/https://doi.org/10.3390/info11010040

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3 (September)), 282–289. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4033/1527

Azzahra, N. F. (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Ringkasan Kebijakan Center for Indonesian Policy Studies (CIPS). https://www.cips-indonesia.org/post/mengkaji-hambatan-pembelajaran-jarak-jauhdi-indonesia-di-masa-covid-19

Dhawan, S. (2020). Online Learning : A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(I), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018

Hadarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3), 496–503. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005

Haeruman, L. D., Wijayanti, D. A., & Meidianingsih, Q. (2021). Efektivitas Blended Learning Berbasis LMS dalam Pembelajaran Matematika. JRPMS: Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(1), 80–84. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/view/20248

Hart, C. M. D., Berger, D., Jacob, B., Loeb, S., & Hill, M. (2019). Online Learning, Offline Outcomes: Online Course Taking and High School Student Performance. AERA Open, 5(1), 233285841983285. https://doi.org/10.1177/2332858419832852

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1 (April)), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo dalam Pembelajaran Sejarah. Artefak, 7(1 (April)), 13–20. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak/article/view/3180/pdf

Jiwandono, I. S., Setaiawan, H., Oktaviyanti, I., Rosyidah, A. N. K., & Khair, B. N. K. (2021). Tantangan Proses Pembelajaran Era Adaptasi Baru. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(1), 39–46. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/5842/3569

Kurniawidi, M. P., & Nakita, M. F. T. G. (2018). Pengembangan Pembelajaran Flipped Classroom dengan Memanfaatkan LMS Kelase Topik Menggambar Grafik Fungsi SMP Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 554–561. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2383

Mooij, S. M. M. De, Kirkham, N. Z., Raijmakers, M. E. J., Maas, H. L. J. Van Der, & Dumontheil, I. (2020). Should online math learning environments be tailored to individuals ’ cognitive profiles ? Journal of Experimental Child Psychology, 191, 104730. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2019.104730

Mulenga, E. M., & Marbán, J. M. (2020). Prospective teachers’ online learning mathematics activities in the age of COVID-19: A cluster analysis approach. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(9). https://doi.org/10.29333/EJMSTE/8345

Petrova, M., Cabukovski, V., & Golubovski, R. (2016). Supporting Education in math sciences with a low-budget LMS Sakai. Mathematical Bulletin, 40(2), 95–108. https://arxiv.org/abs/1611.02775

Putra, E. A., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Smartphone Learning Management System ( S-LMS ) Sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMA. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 36–45. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/21014

Rafi, I., Nurjannah, F. F., Fabella, I. R., & Andayani, S. (2020). Peluang dan Tantangan Pengintegrasian Learning Management System (LMS) dalam Pembelajaran Matematika di Indonesia. Jurnal Tadris Matematika, 3 (2)(November), 229–248. http://178.128.61.209/index.php/jtm/article/view/3460/1541

Rosmita. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring (Studi Kasus Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Timur Tahun 2019/ 2020) [Universitas Jambi]. https://repository.unja.ac.id/15985/

Sari, L. (2020). Upaya Menaikkan Kualitas Pendidikan dengan Pemanfaatan Youtube sebagai Media Ajar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1074–1084. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/226/163

Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Darurat Covid 19. Mappesona, 2(2). https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/mappesona/article/view/830

Song, L., Singleton, E. S., Hill, J. R., & Koh, M. H. (2004). Improving online learning : Student perceptions of useful and challenging characteristics. Internet Adn Higher Education, 7, 59–70. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2003.11.003

Young, B. J., & Donovan, W. (2020). Shifting to Online Learning in the COVID-19 Spring (Issue April). https://eric.ed.gov/?id=ED604252

Zheng, B., Lin, C., & Bae, J. (2020). The impact of learner- , instructor- , and course-level factors on online learning. Computers & Education, 150(January), 103851. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103851

Article Metrics

Abstract view(s): 293 time(s)
PDF: 289 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.