ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Sofi Ardiana(1*), Mutiara Silvy Rahayu(2), Moh. Chairil Asmawan(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya motivasi belajar siswa yang berdampak ke hasil belajar. Penelitian ini dilakukan pada 2 sekolah yaitu SMA Muhammdiyah 3 Arjasa dan SMK Negeri 1 Sragen. Pembelajaran yang dilakukan oleh SMK Negeri 1 Sragen Dan SMA Muhammadiyah 3 Arjasa hanya berjalan satu arah, sehingga siswa hanya memhami materi yang diberikan. Untuk itu dibutuhkan model pembelajran yang dapat mengaktifkan siswa, salah satunya menggunkan model pembelajaran PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan serta menganalisis penerapan PBL dalam pembelajaran ekonomi dan akuntansi pada kelas XI dan respons siswa kelas XI terhadap penerapan model problem based learning dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu kualitatif dengan rancangan deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu dalam penerapan model pembelajaran problem based learning pada SMA Muhammadiyah 3 Arjasa dan SMK Negeri 1 Sragen menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran PBL pada siswa tergolong baik dan berhasil dilihat dari kriteria desain, langkah-langkah pembelajaran dan nilai yang dihasilkan oleh siswa. Serta respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model problem based learning ini dikatakan positif.

Keywords

Problem-Based Learning;Hasil Belajar; Ekonomi Akuntansi

Full Text:

PDF

References

Putra, Muhammad Tommy Fimi. Arianti.& Elbadiansyah. (2019). Analisis Penerapan Model dan Model Pembelajaran Tepat Guna Pada Daerah 3t (Terdepan,Terpencil dan Tertinggal) di Kabupaten Mahakam Ulu. Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Widya Cipta Dharma, Vol 23 No 2. https://jurnal.wicidi.ac.id/index.php/sebatik/artic1e/view/776.

Kristin, Firosalia. (2018). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPS.Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol 8 No 2.kris

https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2356.

Ernawati, M. Dwi Wiwik. Haryanto.& Nababan, Setia CP. (2017). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (Nht) dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom di Kelas X SMKN 3 Kota Jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, Vol 9 No 1.

https://doi.org/10.22437/jisic.v9i1.5085.

Kristin, Firosalia. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, Vol 2 No 1.

https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i1.25.

Febrianto. Rais, Muh. & Nurmila.(2016). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Prezi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TPHP pada Mata Pelajaran Pengendalian Mutu dalam Proses Pengolahan di Smk Negeri 3 Takalar.Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, Vol 2.

https://doi.org/10.26858/jptp.v2i0.5185.

Dewi, Ni Putu Eka Puspita. Sutama, Made. & Sriasih, Sang Ayuh Putuh. (2015). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X Iis.1 Sman 1 Mendoyo.Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNDIKSHA, Vol 3, No. 1.

http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v3i1.4768.

Lestari, Neta Dian. (2018). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ekonomi di Sma Negeri Se-Kota Palembang.Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, Vol 2 No 1.

http://dx.doi.org/10.31851/neraca.v2i1.2190.

Nurman, Veni. Ramadhani, Rizqa. Wahyugi, Rahmad. Fitria, Yanti. &Desyandri. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tema 7. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, Vol 10 No 2. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i2.18782.

Sofralda, Suci. Ulfat, Atika Latifa. & Pawira, Aglam Maulana. (2019). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Media Daring di SMPIT Al-Islah Cibinong.Islamic Scientific Journal, Vol 2 No 1.

https://doi.org/10.51192/almubin.v2i1.49.

Ulum, M. Syahrul. &Pamungkas, Jati. (2020). Analisis Kritis Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Online di Madrasah Ibtidaiyah Masa Pandemi Covid 19 (Solusi Menyelamatkan Masa Depan Anak-Anak Indonesia).Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, Vol 2 No 1.

https://doi.org/10.19105/mubtadi.v2i1.3584.

Fadlillah, M 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Zajda, Joseph dan Sev Ozdowski (Ed.). 2017. Globalisation, Human Rights, Education, and Reform. Dordrecht: Sp(Lifia Yola Putri Febrianti dan Oviolanda Irianto, 2017)ringer Nature BV.

Hakim, (2000). Belajar secara Efektif: Panduan Menemukan Teknik Belajar, Memilih Jurusan, dan Menentukan Cita-cita. Jakarta: Puspa Swara.

Article Metrics

Abstract view(s): 1185 time(s)
PDF: 547 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.