Peningkatan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pojok Baca di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu

Panji Hidayatulloh(1*), Ayu Solihatul(2), Endah Setyo(3), Rosita Husna Fanantya(4), Sekar Mustika Arum(5), Ririn Tri Utami Nurul Istiqomah(6), Shandy Novilia Purwanti(7)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(7) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Membaca menjadi hal yang penting dalam proses belajar mengajar..membaca merupakan proses penyerapan ilmu melalui suatu bacaan atau tulisan. Setiap siswa mempunyai kemampuan yang bervariasi dari yang cepat, sedang dan lambat dalam hal membaca.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Perlu adanya pembiasaan pada siswa dalam meningkatkan minat membaca.dengan diadakannya literasi diharapkan mampu menikatkan minat baca pada siswa dan menambah ilmu yang dapat menjadi bekal di masa yang akan datang di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. Obyek penelitian adalah Guru kelas beserta siswa kelas I-V dengan teknik pengumpulan data secara observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif menunjukan bahwa pertama kegiatan pojok baca merupakan progam evaluasi yang ada di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan. Kedua , Pelaksanaan kegiatan pojok baca dilakukan secara setiap hari.

Full Text:

PDF

References

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. 2009. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Sosial : Format-format kuantitatif dan kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke-17. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, M. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.Nurkancana, Wayan dan Sumartana, P.P.N. 1983. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Article Metrics

Abstract view(s): 2803 time(s)
PDF: 10100 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.