Pengaruh Games Interaktif Wordwall terhadap Kemampuan Mengenal Budaya Bali Anak Usia Taman Kanak Kanak

Rendy Setyowahyudi(1*), Luh Ayu Tirtayani(2), Nurul Indana(3)

(1) Universitas Pendidikan Ganesha
(2) Universitas Pendidikan Ganesha
(3) Universitas Pendidikan Ganesha
(*) Corresponding Author

Abstract

Gempuran budaya asing mengakibatkan ke khawatiran akan keberlangsungan eksistensi budaya local termasuk di antaranya budaya daerah bali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan games interaktif wordwall terhadap kemampuan mengenal budaya bali anak usia taman kanak-kanak. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 36 anak yang diambil dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes lisan dengan bantuan kartu bergambar. Validitas instrument di uji dengan korelasi poin biserial, sementara reliabilitas di uji dengan KR20. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan paired sample t-test dan independent sample t-test. Sebelum data di uji hipotesis terlebih dahulu di uji normalitas dengan kolmogrov smirnov test dan homogenitas dengan levene test. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh games interaktif wordwall terhadap kemampuan mengenal budaya bali pada anak usia taman kanak-kanak yang ditunjukkan dengan nilai sig 2 tailed yang didapatkan yaitu 0,000 lebih dari kecil dari 0,05.

Keywords

Wordwall; Mengenal Budaya Bali; Anak Taman Kanak-Kanak

Full Text:

PDF

References

Agustina C. Aplikasi game pendidikan berbasis android untuk memperkenalkan pakaian adat Indonesia. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE). 2015;1(1):1-8.

Ahmad A. Penerapan permainan bahasa (Katarsis) untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas Iva SD Negeri 01 Metro Pusat. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. 2017 Jul;9(2):75-83.

Aisara F, Nursaptini N, Widodo A. Melestarikan Kembali Budaya Lokal melalui Kegiatan Ekstrakulikuler untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial. 2020 Dec 17;9(2):149-66.

Anggraini AF, Erviana N, Anggraini S, Prasetya DD. Aplikasi game edukasi petualangan nusantara. SENTIA 2016. 2016;8(1).

Anggraini ES. Pola komunikasi guru dalam pembelajaran anak usia dini melalui bermain. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas. 2021;7(1):27-37.

Chusyairi A, Wibowo JS, Winata AK. Game Gandrung Strories Untuk Edukasi Kebudayaan Menggunakan Metode GDLC. JASIKA (Jurnal Aplikasi Sistem Informasi dan Informatika). 2020 Apr 21;1(01):67-75.

Dody O. EKSISTENSI IKLAN TV LAYANAN MASYARAKAT “JOGJA TV” VERSI PIT DUWUR. Createvitas: Jurnal Ilmiah Desain Komunikasi Visual. 2014;3(2):283-96.

Faiz A, Kurniawaty I. Eksistensi nilai kearifan lokal kaulinan dan kakawihan barudak sebagai upaya penanaman nilai jatidiri bangsa. Jurnal Education and Development. 2020 Oct 22;8(4):27-.

Falani AZ, Ekawati PL. Pemanfaatan Teknologi Game Untuk Pembelajaran Mengenal Ragam Budaya Indonesia Berbasis Android. Jurnal Ilmiah: Lintas Sistem Informasi dan Komputer (LINK). 2015 Feb 11;22(1).

Fauziddin M. Penerapan Belajar Melalui Bermain Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Curricula. 2017 Jan 12;1(3).

Irmania E. Upaya mengatasi pengaruh negatif budaya asing terhadap generasi muda di Indonesia. Jurnal Dinamika Sosial Budaya. 2021 Jun 9;23(1):148-60.

Karim MB, Wifroh SH. Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini. 2014 Oct 20;1(2):103-13.

Karwati E. Pengembangan pembelajaran dengan menekankan budaya lokal pada pendidikan anak usia dini. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. 2016;6(1).

Kasman K. Modul pembelajaran SMA geografi Kelas XI: keragaman budaya bangsa sebagai identitas nasional.

Purnamasari S, Rahmanita F, Soffiatun S, Kurniawan W, Afriliani F. Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2022;3(1):70-7.

Puspitasari RN. Pengaruh permainan tradisional karetan terhadap pembelajaran motorik kasar atletik lompat jauh. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini. 2016 Apr 18;3(1):9-18.

Putro KZ. Mengembangkan kreativitas anak melalui bermain. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama. 2016;16(1):19-27.

Rosyidah U. MENGENALKAN BUDAYA BATIK PADA ANAK MELALUI GAME. Techno. Com. 2012 Nov 1;11(4):194-201.

Sari PM, Yarza HN. Pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz dan Wordwall pada pembelajaran IPA bagi guru-guru SDIT Al-Kahfi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. 2021 Apr 4;4(2):195-9.

Setiawan D. Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study (E-Journal). 2018 Apr 9;4(1):62-72.

Shalikhah ND. Pemanfaatan aplikasi Lectora Inspire sebagai media pembelajaran interaktif. Cakrawala: Jurnal Studi Islam. 2016 Jun 27;11(1):101-15.

Sobirin A. Budaya: sumber kekuatan sekaligus kelemahan organisasi. Jurnal Siasat Bisnis. 2002;1(7).

Suargita IP, Sudarsana IK. Upaya Masyarakat Daerah Pariwisata Candidasa Kabupaten Karangasem dalam Mempertahankan Keberadaan Bahasa Bali. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya. 2017;2(2):11-9.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta

Syakhrani AW, Kamil ML. Budaya Dan Kebudayaan: Tinjauan Dari Berbagai Pakar, Wujud-Wujud Kebudayaan, 7 Unsur Kebudayaan Yang Bersifat Universal. Cross-border. 2022 Apr 1;5(1):782-91.

Article Metrics

Abstract view(s): 317 time(s)
PDF: 271 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.