Game Edukasi Pengenalan Mata Uang

Dwi Martian(1*), Fatah Yasin Al Irsyadi(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang tak terkecuali untuk anak berkebutuhan khusus. Sekolahan luar biasa yayasan pendidikan anak saestu putro (SLB-BC) YPASP merupakan salah satu sekolahan khusus untuk anak berkebutuhan khusus di Gondangrejo. Sekolahan ini memiliki beberapa anak berkebutuhan khusus salah satunya adalah tunagrahita. Anak tunagrahita memiliki keterbatasan dalam beberapa kemampuan sehingga membuat guru mengalami kendala dalam menyampaikan materi. Selain itu dengan hanya menggunakan media pembelajaran yang ada dalam proses belajar minat siswa menjadi kurang dan mudah bosan. Salah satunya dalam penyampaian materi matematika yaitu tentang pengenalan mata uang, guru masih menggunakan alat peraga berupa uang asli dan buku panduan. Sehingga hal ini menjadi kurang efektif karna guru harus menggunakan alat peraga yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, penulis mengembangkan sebuah game edukasi berbasis android bernama Mari Mengenal Mata Uan sebagai metode pembelajaran yang baru. Dengan adanya game ini guru dapat lebih mudah menyampaikan materi dan manambah minat siswa. Penelitian dilakukan melalui 3 tahap. Tahap pertama yaitu melakukan observasi dan wawancara terhadap guru dan kepala sekolah di SLB-BC YPASP Gondangrejo. Tahap kedua penulis mengembangkan game menggunakan software Construct 2 sesuai kebutuhan. Tahap ketiga adalah implementasi dan pengujian. Pengujian aplikasi menggunakan metode blackbox menunjukan bahwa aplikasi dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan. Implementasi dilakukan dengan pengujian langsung terhadap responden dan memberikan kuisioner untuk mengukur kelayakan program. Hasil kuisioner menunjukan bahwa program layak dan bisa diterima oleh pengguna dengan presentase mencapai 88,5%.

Keywords

Game; Pendidikan; SLB; Tunagrahita

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view(s): 783 time(s)
PDF: 885 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.