Analisis Efektivitas Kapasitas Daya Gardu Traksi Terhadap Kebutuhan KRL Jalur Yogyakarta - Solo

Angga Widy Utomo(1*), U Umar(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Kereta Rel Listrik atau KRL menjadi moda transportasi baru di jalur Yogyakarta – Solo. KRL adalah kereta yang ramah lingkungan karena menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Daya listrik yang digunakan KRL disuplai melalui sistem catenary 1500 VDC dari gardu traksi. Keunggulan lain selain ramah lingkungan, KRL dapat mengangkut penumpang dalam jumlah banyak, namun di masa pandemi ini KRL harus membatasi jumlah penumpang untuk menggurangi kerumunan di dalam kereta. Upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menambah jadwal pemberangkatan kereta. Penambahan jadwal pemberangkatan harus mempertimbangkan dalam berbagai aspek, salah satunya adalah suplai daya listrik dari gardu traksi harus cukup untuk kebutuhan KRL yang melintas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan maksimal gardu traksi Yogyakarta – Solo terhadap pembebanan KRL yang melintas. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data teknis terkait KRL dan gardu traksi, kemudian dilakukan perhitungan kapasitas yang dibutuhkan gardu traksi dengan parameter perhitungan beban puncak berdasarkan arus maksimum dan penyempitan headway. Hasil perhitungan kapasitas gardu akan dibandingkan dengan kapasitas yang tersedia di gardu traksi. Hasil dari penelitian gardu traksi Jogja – Solo mampu menyuplai beban KRL hingga headway 12 menit secara terus menerus dan headway 7,5 menit selama dua jam. Gardu traksi Jogja – Solo tidak mampu menyuplai beban KRL dengan headway 5 menit.

Keywords

Gardu Traksi; Headway; Kapasitas Daya; Kereta Rel Listrik.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view(s): 834 time(s)
PDF: 767 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.