Rancang Bangun Aplikasi Pengontrol Sistem Penyiram Tanaman Berbasis Arduino dan Android

Ayasha Ninda Maharani(1*), Bana Handaga(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Keberadaan tanaman sebagai makhluk hidup sangat penting bagi kehidupan manusia. Tanaman bertahan hidup dengan memanfaatkan air. Proses penyiraman tanaman yang tidak terkontrol dapat berakibat buruk pada kelangsungan hidupnya. Serta proses penyiraman yang dilakukan secara manual sangat tidak efisien karena pemilik harus berada dalam satu tempat dengan tanaman miliknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang aplikasi pengontrol sistem penyiraman tanaman otomatis yang berbasis android dan arduino supaya dapat digunakan secara mobilitas. Aplikasi dirancang dengan metode SDLC waterfall menggunakan toolkit milik Flutter dengan bahasa perogaman dart. Sedangkan perancangan sistem menggunakan software Arduino IDE. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi android yang dapat memonitor nilai kelembapan tanah pada tanaman dalam satuan waktu dan tombol on/off yang dapat menghidupkan dan mematikan pompa air penyiram tanaman. Pengguna dapat melihat nilai kelembapan tanah secara realtime melalui aplikasi android dengan menggunakan koneksi internet. Penggunaan ini menggunakan server firebase sebagai database dengan memanfaatkan fitur realtime firebase database milik server firebase. Sistem dan aplikasi yang telah dirancang diuji kegunaannya dengan pengujian terakhir aplikasi menggunakan usability testing. Hasil dari survey pada usability testing mendapatkan hasil bahawa aplikasi berfungsi sebagaimana semestinya dan mendapat kategori “Sangat Baik” sebesar 94,44% dari responden.

Keywords

Android; Arduino; Firebase; Flutter

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view(s): 621 time(s)
PDF: 769 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.