Implementasi Metode Reverse Geocoding pada Aplikasi Tracking Posisi

Eko Sulistyo(1), M Irfan Bayu P(2), Fifi Andini(3), Indra Dwisaputra(4*)

(1) Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
(2) Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
(3) Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
(4) Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
(*) Corresponding Author

Abstract

Sistem tracking position atau pelacakan posisi adalah teknologi untuk menentukan posisi suatu objek, namun saat ini hanya digunakan untuk menentukan lokasi yang sudah diketahui dan belum dikembangkan untuk melacak objek. Oleh karena itu, diperlukan penelitian untuk pengembangan pencarian posisi objek yang memiliki informasi tentang lokasi dan alamat objek tersebut. Metodologi pada penelitian ini adalah dengan menerima sinyal dari modul GPS pada alat tracking  yang dipancarkan satelit kemudian diproses oleh mikrokontroler menjadi koordinat dan dikirimkan ke database Google Firebase. Google Firebase mengirimkan koordinat ke aplikasi tracking objek. Penggunaan metode reverse geocoding adalah untuk mengubah koordinat tersebut menjadi sebuah lokasi dan alamat. Hasil pengujian aplikasi yang menggunakan metode reverse geocoding dapat menampilkan alamat dari alat tracking dengan persentase keberhasilan 100%. Sedangkan aplikasi tanpa metode reverse geocoding hanya menampilkan lokasi alat tracking saja tanpa menampilkan alamatnya. Alat tracking lebih cepat mendapatkan sinyal apabila dilakukan di luar ruangan dibandingkan dengan dalam gedung dimana alat tracking tidak mendapatkan koordinat dari satelit. Hasil pengukuran jarak yang dilakukan alat tracking posisi memiliki keakurasian 99% dengan validasi pengukuran jarak oleh google maps.

Keywords

Aplikasi Tracking Posisi; Reverse Geocoding; Lokasi

Full Text:

PDF

References

M. Ridha Fahlivi dan Atthariq, “Sistem Tracking Position Berdasarkan Titik Koordinat GPS Menggunakan Smartphone,” Jurnal Infomedia, vol. 2, no. 1, 2017.

Y. Yuniati, M. Ulvan, M. Azzahra, J. Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Lampung Jalan Soemantri Brojonegoro No, dan B. Lampung, “Implementasi Modul Global Positioning System (Gps) pada Sistem Tracking Bus Rapid Transit (BRT) Lampung Menuju Smart Transportation,” Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, vol. 14, no. 2, hlm. 150–156, 2017.

I. Fitriati dan N. Afriani, “Pelacakan Koordinat dengan SMS-Tracking menggunakan App My GPS Coordinate berbasis Android,” JURNAL TAMBORA, vol. 1, no. 2, hlm. 1, Jun 2016.

I. Amalian Tafa, D. Suryadi, T. Pontia, ) Program, S. T. Elektro, dan J. T. Elektro, “Analisis Tingkat Akurasi Global Positioning System Smartphone Dalam Menentukan Titik Lokasi Pada Google Map.” [Daring]. Available: http://maps.google.com.

D. C. Mahendra, T. Susyanto, dan S. Siswanti, “SISTEM MONITORING MOBIL RENTAL MENGGUNAKAN GPS TRACKER,” Jurnal Ilmiah SINUS, vol. 16, no. 2, Agu 2018, doi: 10.30646/sinus.v16i2.357.

A. Aryasena, H. R. V. Ginardi, dan Baskoro Fajar, “Perancangan Indoor Localization Menggunakan Bluetooth Untuk Pelacakan Posisi Benda di Dalam Ruangan,” JURNAL TEKNIK ITS, vol. 5, 2016.

Nurul Hidayati Lusita Dewi, “Prototype Smart Home Dengan Modul Nodemcu Esp8266 Berbasis Internet Of Things (IOT),” 2019.

A. Satriadi, Wahyudi, dan Yuli Christiyono, “Perancangan Home Automation Berbasis NodeMCU,” TRANSIENT, vol. 8, no. 1, hlm. 2685–0206, 2019, [Daring]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/transient

E. Adrin Wihelmus Sanadi, A. Achmad, dan Dewiani, “Pemanfaatan Realtime Database di Platform Firebase Pada Aplikasi E-Tourism Kabupaten Nabire,” Jurnal Penelitian Enjiniring, vol. 22, no. 1, hlm. 20–26, Mei 2019, doi: 10.25042/jpe.052018.04.

I. Firman Maulana, “Penerapan Firebase Realtime Database pada Aplikasi E-Tilang Smartphone berbasis Mobile Android,” RESTI, vol. 1, no. 3, hlm. 854–863, 2017.

M. Ilhami, “Pengenalan Google Firebase Untuk Hybrid Mobile Apps Berbasis Cordova,” Jurnal IT CIDA, vol. 3, no. 1, 2017.

Nurhidayati dan A. Muliawan Nur, “Pemanfaatan Aplikasi Android Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Persebaran Indekos,” Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 4, no. 1, 2021, doi: 10.29408/jit.v4i1.2989.

K. Adha Bilqis Ibrahim dan D. Gustiana, “Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Android Untuk Brand Clothing Sand Beach Dengan Skema Diskon Menggunakan Hungarian Algorithm,” Universitas Persada Indonesia, 2021.

N. Adityatama Putra, “Pengembangan Aplikasi Android Untuk Mengakses Data Diri Mahasiswa Melalui Web Server,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.

Kurniawan Iqbal Dwiki, Sunaryono Dwi, dan Ahmadyah Ahatus Solchah, “Aplikasi Monitoring Keberadaan Objek Melalui Perangkat Bergerak Berbasis Android,” Jurnal Teknik Pomits, vol. 2, hlm. 1–6, 2014.

A. Irham Gufroni, A. Nur Rachman, dan Y. Abdul Malik, “Implementasi Google Maps API Dalam Aplikasi Mobile Penghitung Jarak Aman Dari Dampak Kemungkinan Letusan Gunung Galunggung,” Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 2013.

M. Singh, “Process of Reverse Geocoding,” 2021.

K. Kishoreanthuvan, S. Balaji, S. Thamizharasan, dan K. Kuzhandaivelu, “An Intermediate Service Composer Architecture for Dynamic Discovery and Invocation of Web Services from Mobile Devices.” [Daring]. Available: www.iosrjournals.orgwww.iosrjournals.org

A. Nugroho, R. Jumardi, N. F. Ramadhania, S. Tinggi, dan T. Bontang, “Penerapan Metode Haversine Formula Untuk Penentuan Titik Kumpul pada Aplikasi Tanggap Bencana,” METIK, vol. 4, 2020.

D. A. Rahayu dan R. Kosasih, “Aplikasi Sistem Lacak Kendaraan Berbasis Android Menggunakan Arduino Uno Dan Modul Sim808,” Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa, vol. 23, no. 1, hlm. 55–64, 2018, doi: 10.35760/tr.2018.v23i1.2451.

Article Metrics

Abstract view(s): 322 time(s)
PDF: 199 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.