Sistem Pengisian Baterai Sepeda Listrik Berbasis Internet Of Things (Iot)

Wildan Chahyo Budianto(1), Muladi Muladi(2*), I Made Wirawan(3)

(1) Departemen Teknik Elektro dan Informatika Universitas Negeri Malang
(2) Departemen Teknik Elektro dan Informatika Universitas Negeri Malang
(3) Departemen Teknik Elektro dan Informatika Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author

Abstract

Sepeda listrik merupakan sebuah kendaraan yang tidak menggunakan bahan bakar konvensional, Akan tetapi, saat ini masih terdapat kelemahan pada sepeda listrik di Indonesia, yakni pada pengisian daya baterai yang masih belum efektif. Umunya pengisian baterai sepeda listrik hanya memperlihatkan indikator led yang menandakan selesainya pengisian baterai sepeda listik dan tidak adanya sistem cutt-off  ketika baterai sudah terisi penuh. Oleh karna itu dibutuhkan suatu sistem pengisian daya baterai sepeda listrik yang dilengkapin dengan fitur monitoring dan kontrol berbasis Internet Of Things dengan spesifikasi seperti memonitoring daya, tegangan, arus maupun energi dan dilengkapi dengan sistem prabayar seperti PLN, para pemilik sepeda listrik dapat mengisi baterai dengan melakukan pembayaran atau membeli beban listrik sesuai keinginan, dimana relay akan aktif (trip) ketika jumlah kWh sudah sesuai dengan konversi prabayar yang telah ditentukan. Alat sistem pengisian baterai sepeda listrik berbasis internet of things dapat bekerja dengan cukup baik. Hasil pengujian yang didapatkan pada tiap sensor yang digunakan bekerja dengan baik sesuai dengan nilai yang diinginkan, pada sensor PZEM004t didapatkan nilai error pada tegangan sebesar 0,47% dan nilai error pada arus sebesar 0,22%, lalu pada PZEM017 didapatkan nilai error pada tegangan sebesar 0,8% dan nilai error pada arus sebesar 2,62%. Keypad juga bekerja sesuai fungsinya yang dimana dapat menginput jumlah nominal rupiah yang diinginkan. Parameter tiap sensor seperti teganga, arus, daya, dan energi dapat di monitoring pada aplikasi dan web Blynk sesuai dengan rancangan.

 

Keywords

Sepeda Listrik, Monitoring Sistem Pengisian Baterai, Sistem PLTS, Internet Of Things (IoT)

Full Text:

PDF

References

Muklis, A., & Judianto, O. (2017). Kajian Teknologi Pada Sepeda Motor Bertenaga Listrik. Jurnal Inosains vol 12, 36-41.

Syahrial, E., Sunarti, Supriadi, A., Kencono, A. W., Prasetyo, B. E., Kurniasih, T. N., Anggreani, D. (2017). Kajian Penggunaan Faktor Emisi Lokal (Tier 2) dalam Inventarisasi GRK Sektor Energi. Jakarta: ISBN: 978-602-0836-30-0.

Wijaya, N., Kumara, I., Partha, & Divayana. (2021). Perkembangan Baterai Dan Charger Untuk Mendukung Masyarakat Sepeda Listrik Di Indonesia. Jurnal SPEKTRUM Vol. 8, 15-26.

Antara. (2021). Target Produksi Mobil dan Motor Listrik 2 Juta Unit pada 2025. Medcom.id.

A. Pingit. (2019). Bukan Mobil Listrik Pemerintah Akan Fokus Riset Motor Listrik.

Kurniawan, & Endar , A. (2011). Electric Motorcycle. Laporan Akhir Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Sodiq, Fajar, & Tristiyono. (2015). Desain Sepeda Listrik Untuk Ibu Rumah Tangga Sebagai Sarana Transportasi Sehari-Hari Yang Dapat Diproduksi UKM Lokal. Jurnal Sains Dan Seni ITS Vol. 4.

Firdaus s, & Ibnu, Z. (2014). Analisis Pengaruh Berat Pengemudi dan Kecepatan Mobil Listrik Terhadap Konsumsi Energi Pada Mobil Listrik Polinema Tunas 2. Malang: Politeknik Negeri Malang.

Zulkarnaen, & Yulisyio, A. (2015). Analisis Kecepatan Motor DC Terhadap Efisiensi Energi Pada Mobil Listrik I-SECP Tunas III. Malang: Politeknik Negeri Malang.

Vita. (2018). Diambil kembali dari Mengenal Jenis Bahan Bakar Fosil: https://kurusuke.red/mengenal-jenis-bahan-bakar-fosil/

Jahja N, E, (2000). Pembuatan dan karakteristik sel baterai skunder bahan suorionik AeRbAg4I1RbI3. Jurnal Sains Materi Indonesia, Vol 2, 26-31.

Karis, M., & Asrori. (2020). Analisis Perbandingan Optimasi Pengisian Daya Baterai Dengan PWM Dan MPPT Controller Pada Sepeda Listrik Tenaga Surya. Jurnal Mahasiswa D-IV Teknik Otomotif dan Elektro, 1-8.

Santoso, Y. A., Setiawan , D. K., & Kaloko, B. S. Rancang Bangun Sistem Pengisian Baterai Lead Acid Berbasis Mikrokontroller ATMEGA328 Dengan Sumber Stand-Alone

Arman, M.J Dullah, & A.K Muhammad. (2020). Perancangan Sepeda Listrik Menggunakan Motor Bldc Dengan Penggerak Depan Untuk Area Perumahan. Prosiding 4th Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 90-96.

Djamin. L., S., (2021). Peraturan Presiden Republik indonesia Nomor 55 Tahun 20I9.

Sudarsana, I.,B.,G(2019). Peraturan Gubernur Bali Nomor 48 Tahun 2019.

Adi P, I. A., Kumara, N. S., & Raka Agung, I. A. (2021). Status Perkembangan Sepeda Listrik dan Motor Listrik Di Indonesia. Jurnal SPEKTRUM Vol. 8, 8-19.

Nurhadi. (2018). Pengembangan Sepeda Motor Listrik Sebagai Sarana Transportasi Ramah Lingkungan. Jurnal Seniati, 249-255.

Hutagaol, J. V., Setiawan, D., & Eteruddin, H. (2022). Perancangan Sistem Monitoring Kendaraan Listrik. Jurnal Teknik, Volume 16, 96-102.

Prasetyo, E. E. (2017). Aplikasi Internet Of Things (IoT) Untuk pemantauan Dan Pengendalian Beban Listrik Di Ruangan. Jurnal Teknika STTKD Vol.4, 28-39.

Article Metrics

Abstract view(s): 1152 time(s)
PDF: 672 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.