Sistem Pendeteksi Dini Kebakaran Hutan Berbasis Logika Fuzzy dengan Integrasi Telegram

I’zaaz Irfanianingrum(1), Ali Rizal Chaidir(2*), Sumardi Sumardi(3), Gamma Aditya Rahardi(4), Dedy Wahyu Herdiyanto(5)

(1) 
(2) Universitas Jember
(3) Universitas Jember
(4) Universitas Jember
(5) Univesitas Jember
(*) Corresponding Author

Abstract

Hutan merupakan sumber daya alam yang tidak terbatas dan mempunyai manfaat yang sangat besar terhadap kehidupan makhluk hidup, namun keberadaan hutan saat ini sangat memprihatinkan akibat laju deforestasi dan degradasi yang sangat tinggi. Salah satu penyebab utama gangguan hutan adalah kebekaran. Kebakaran hutan akan menyebabkan kerugian lingkungan dan kerugian ekonomi. Oleh karena itu untuk mengurangi kerugian yang disebebkan oleh kebakaran hutan diperlukan penanganan yang cepat untuk menghindari meluasnya kebakaran hutan. Permasalahan dalam penanganan kebakaran hutan adalah lambatnya pemberitahuan mengenai informasi terjadinya kebakaran. Keadaan tersebut dikarenakan tidak adanya jaringan atau sinyal internet di kawasan hutan, serta indikator dan notifikasi kepada penjaga hutan. Sehingga dirancang sebuah alat pendeteksi dini kebakaran hutan untuk mempercepat proses tanggap bencana kebakaran hutan dengan mendeteksi level bahaya kebakaran menggunakan logika fuzzy, menyalakan LED dan bunyi buzzer pada indikator alat serta mengirimkan notifikasi via aplikasi bot telegram. Hasil dari alat ini sesuai dengan rancangan dan rule base yang telah dibuat yaitu pada kondisi aman didapat hasil nilai defuzzyfikasi sebesar 0-20. Kondisi siaga 1 didapat hasil nilai defuzzyfikasi sebesar 20-40. Kondisi siaga 2 didapat hasil nilai defuzzyfikasi sebesar 40-60. Kondisi waspada didapat hasil nilai defuzzyfikasi sebesar 60-80. Kondisi awas didapat hasil nilai defuzzyfikasi sebesar 80-100. Serta mampu memberikan indikator pada alat dan mengirimkan notifikasi via aplikasi bot telegram yang sesuai dengan level bahaya yang terdeteksi ke penjaga hutan.

Keywords

Kebakaran hutan, suhu, asap, api, fuzzy logic

Full Text:

PDF

References

PERATURAN MENTERI KEHUTANAN NOMOR: P. 12/Menhut-II/2009 TENTANG PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN

Ari Kukuh, Komang Diafari, Nyoman Pramaita,. 2021. Rancang bangun sistem pendeteksi kebakaran hutan berbasis node mcu ESP8266. Jurnal SPEKTRUM. 8 (1).

Yusril F.M., Aris Triwiyatno, dan Yosua Alvin A. S. 2020. Perancangan dan implementasi sistem pendeteksi dini kebakaran hutan dan lahan berdasarkan faktor iklim dan cuaca dengan metode fuzzy logic. TRANSIENT. 9(3).

Muhammad Alhasan M. 2019. Implementasi Wireless Sensor Network sebagai Pendeteksi Kebakaran Berbasis LoRa. Universitas Jember.

Anita Dwi Kusrini. 2020. Prototype sistem deteksi kebakaran pada Gedung bertingkat berbasis Arduino pro mini dengan terintegrasi telegram. Universitas Mercu Buana.

Hakim Lukman dan Jhensen Halim. 2018. Peringatan kebakaran hutan menggunakan sensor api, suhu dan asap. SEMNASTIK X.

S. N. Sivanandam, S. Sumanthi, S. N. Deepa. 2007. Introduction to Fuzzy Logic using Matlab. Berlin: Springer.

Mutiara M. P. 2021. Sistem indikasi tingkat dehidrasi dan gangguan hati berdasarkan warna urin menggunakan fuzzy logic. Universitas Jember.

M. Dhamara Thiar E. 2020. Penerapan Telegram BOT untuk kontrol jarak jauh dalam sistem smarthome sederhana. Institut Teknologi PLN.

Sowah, R., Ofoli, A. R., Krakani, S., & Fiawoo, S. 2014. Hardware module design of a real-time multi-sensor fire detection and notification system using fuzzy logic. 2014 IEEE Industry Application Society Annual Meeting.

Article Metrics

Abstract view(s): 299 time(s)
PDF: 240 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.