Rancang Bangun Prototipe Pengatur Kelembaban Tanah Sekaligus Penyiraman Otomatis (Promatan Seratis)

Wahyu Titis Satria Utama(1*), Syaefudhin Syaefudhin(2), Aditya Putra Yusanta(3), Febriani Dara Ninggar(4), Pracilia Ayu Yulia Savega(5)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Kelembaban tanah menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi pertumbuhan dari suatu tanaman. Salah satu cara untuk mengetahui kelembaban tanah adalah dengan menggunakan alat pengatur kelembaban tanah.Namun sekarang ini alat pengatur kelembaban tanah belum banyak di gunakkan oleh masyarakat khususnya para petani untuk di implementasikan pada usaha mereka. Perancangan alat pengatur kelembaban tanah sekaligus penyiraman otomatis dengan system arduino ini dirancang untuk mengetahui angka kelembaban tanah suatu tanaman dan akan menyiram secara otomatis jika tanah tersebut berada pada tingkat kelembaban yang rendah. Pada alat ini digunakkan SMH (Soil Moisture Hygrometer) yang akan bekerja dengan cara mengukur kelembaban tanah lalu menyalurkan data kelembaban ke dalam mikrokontroler. Jika data menunjukkan tingkat kelembaban yang rendah, LED akan menyala dan tanah akan tersiram secara otomatis. Sedangkan jika data menunjukkan tingkat kelembaban yang tinggi makan LED tidak akan menyala dan alat ini tidak menyirami tanah.

Full Text:

PDF

References

Sumantri, Dede. David. Peningkatan Kinerja Mesin Rapid PrototypingBerbasis Fused Deposition Modelling. Universitas Indonesia, Jakarta, 2010.

Stefanus dan D. Setia. 2013. Alat Pengukur Kelembaban Tanah Berbasis Mirokontroler PIC 16F84.” Indonesian Journal Of Physics”. 3(1):36-40.

Sawidin S, Olga E M, Tracy M. 2015. Monitoring Kontrol Greenhouse untuk Budidaya Tanaman Bunga Krisan dengan Lab View. 4(4).

Erdyanto H, Arif L F, Galih J S, Masruroh, Herlambang S P. 2017. Top Coys ( Automated Plant Controlling Systems): Solusi Pengendalian Lingkunagn Pada Budidaya Bunga Krisan Di Asosiasi Tani “Astha Bunda” Kaliurang. 1(1):86-91.

Erdyanto H, Arif L F, Galih J S, Masruroh, Herlambang S P. 2017. Top Coys ( Automated Plant Controlling Systems): Solusi Pengendalian Lingkunagn Pada Budidaya Bunga Krisan Di Asosiasi Tani “Astha Bunda” Kaliurang. 1(1):86-91.

Article Metrics

Abstract view(s): 1339 time(s)
PDF: 493 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.