Desain Prototipe Kompor Listrik Tenaga Surya

Hasyim Asyari(1*), Umar Umar(2), Angga Purna Irawan(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Pemakaian bahan bakar yang bersumber dari fosil setiap tahunnya mengalami peningkatan drastis seiring bertambahnya jumlah penduduk. Bahan bakar fosil semakin menipis stoknya sehingga para peneliti mengkaji penggunaan bahan bakar yang bersifat terbarukan, sebagai upaya mengganti bahan bakar fosil dan gas. Indonesia sendiri pemanfaatan energi terbarukan saat ini belum optimal dalam menunjang kebutuhan masyarakat. Salah satu energi terbarukan yang dapat dimanfaatkan yakni energi matahari yang akan diaplikasikan pada kompor listrik. Saat ini proses untuk memasak oleh masyarakat secara umum masih menggunakan bahan bakar fosil dan gas. Tujuan peneliti ini adalah mendesain prototype kompor listrik berbasis energi terbarukan berupa sel surya. Metode yang digunakan oleh dalam penelitian ini yakni  mendesain kompor listrik yang tersusun atas 3 buah glow plug dan sebuah kawat nikelin (berdiameter 1 mm) yang memiliki daya hantar tegangan yang tinggi dengan inputan sumber energi yang memanfaatkan 4 buah panel surya dengan kapasitas masing-masing 120 Wp yang disusun secara paralel. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kompor listrik hasil desain dapat dimanfaatkan menggoreng sebiji telur dengan waktu 4 menit, dengan besaran arus yang mengalir 19.02 A, pada kondisi  tegangan 17.0 V. Suhu panasnya berkisar pada angka 60ᴼC.

Keywords

Kompor Listrik; Photovoltaic; Glow Plug; Nikelin

Full Text:

PDF

References

Setyo Rini, 2017, http://bisnis.liputan6.com/read/2829428/negara-hemat-rp-197-tberkat-konversi-minyak-tanah-ke-elpiji.

Islam, Azad, Fakir, Rahman. 2014, Development of Electric Stove for Smart use of Solar Photovoltaic Energi with Nasional Gied. IEEE, pp. 94-98.

Siddiqua, dkk, 2016, Development of Double Burner Smart Electric Stove Powered by Solar Photovoltaic Energi. IEEE, pp 451-458.

Abdul Khamid, 2017, Desain Kompor Listrik Tenaga Surya unutk Batik Tulis yang Ramah Lingkungan, http://eprints.ums.ac.id/58616/5/Naskah%20Publikasi.pdf.

Article Metrics

Abstract view(s): 602 time(s)
PDF: 1377 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.