Pengontrol Lampu Jarak Jauh berbasis Web

Azis Surya Maheri(1*), Heru Supriyono(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Lampu merupakan salah satu peralatan elektronik yang digunakan untuk penerangan dengan memanfaatkan energi listrik. Sistem kontrol yang masih manual sering kali menjadi kendala menghidupkan dan mematikan lampu karena jarak antara saklar lampu satu dengan lainnya yang berjauhan sehingga membutuhkan waktu untuk menghidupkan lampu satu dengan lainnya. Sebagai contoh apabila mempunyai rumah dengan 2 lantai membutuhkan waktu yang lebih karena setelah menghidupkan di lantai satu harus menaiki tangga terlebih dahulu untuk menghidupkan lampu di lantai dua. Dengan adanya smart home dan internet of things diharapkan dapat membantu manusia dalam mengontrol atau mengelola peralatan rumah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan percobaan langsung pada jaringan lampu. Orange Pi Zero digunakan sebagai pengontrol, relay dihubungkan melalui GPIO menggunakan kabel jumper. Tampilan pengontrol berupa web yang diberikan perintah-perintah, sehingga dapat mengontrol lampu yang terhubung dengan relay. Dengan OpenVPN dan firewall memungkinkan sistem pengontrol diakses secara public menggunakan web browser pada smartphone/laptop.

Keywords

penerangan; orange pi zero; relay; openvpn; gpio

Full Text:

PDF

References

Gunge, V. S., & Yalagi, P. S. 2016. Smart Home Automation: A Literature Review. IJCA Proceedings on National Seminar on Recent Trends in Data Mining, RTDM 2016, 2 (3), 6-10. ISSN 0975 – 8887.

Kurniawan, A. T. 2017. Perancangan Sistem Pengendali Lampu berbasis SMS Gateway dengan mikrokontroler ATmega 8535. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi – SNITek 2017, Mei, Jakarta. ISSN 2580-5495.

Madakam, S., Ramaswamy, R., & Tripathi, S. 2015. Internet of Things (IoT): A Literature Review. Journal of Computer and Communications, 3, 2015, 164-173.

Supriyono, H., Widjaya, J. A., & Supardi, A. (2013). Penerapan Jaringan Virtual Pivate Network Untuk Keamanan Komunikasi Data Bagi PT. Mega Tirta Alami. WARTA, 16 (2), 88-101. ISSN: 1410-9344.

Hermawan, D. 2017. Pengendali Lampu dan Kipas Angin dari Jarak Jauh dengan Wifi dan Raspberry Pi. Informatika. Fakultas Komunikasi dan Informatika. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nugroho, I., Widada, B., & Kustanto. 2015. Perbandingan Performansi Jaringan Virtual Private Network Metode Point To Point Tunneling Protocol (PPTP) Dengan Metode Internet Protocol Security. Jurnal TIKomSiN, 3 (2). ISSN : 2338-4018.

Article Metrics

Abstract view(s): 643 time(s)
PDF: 1182 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.