Keamanan Sepeda Motor berbasis Kunci Rahasia Aplikasi Android dan Sistem Mikroprosesor

Yusuf Normawan(1*), Heru Supriyono(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Seiring dengan semakin banyaknya tingkat produksi kendaraan bermotor saat ini, akan berimbas dengan meningkatnya tindak kriminalitas pencurian kendaraan bermotor. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem keamanan tambahan berbasis Android dan Mikroprosesor. Perancangan sistem keamanan ini menggunakan metode eksperimental yaitu dengan cara melakukan percobaan langsung pada sepeda motor. Hasil yang di dapat dari sistem ini merupaakan sistem keamanan tambahan. Pengujian dilakukan dengan menggunakan Android yang dikoneksikan dengan Bluetooth HC-05, kemudian data perintah akan dibaca dan diproses oleh Arduino Uno yang akan mengontrol Relay Modul. Dari pengujian tersebut, motor bisa menyala dengan kondisi kuci kontak ON, Bluetooth HC-05 telah terkoneksi dengan Smartphone, dan data yang dimasukkan valid. Sedangkan Alarm akan berbunyi pada kondisi kontak ON, Bluetooth HC-05 telah terkoneksi dengan Smartphone, namun data yang dimasukkan tidak valid. Aplikasi ini merupakan sebuah sebuah sistem keamanan sepeda motor yang terintegrasi antara Smartphone dengan Arduino Uno yang telah diaplikasikan pada sebuah motor dengan melakukan verivikasi Username dan Password.

Keywords

Android; Arduino; Sepeda Motor; Alarm

Full Text:

PDF

References

Kholilah, Ika., & Al Tahtawi, Adnan Rafi. 2016. Aplikasi Arduino-Android untuk Sistem

Keamanan Sepeda Motor. JTERA - Jurnal Teknologi Rekayasa, 1(1), 53-58. ISSN : 2548-737X.

Muchtar, Husnibes., & Firdaus, Bayu. 2017. Perancangan Sistem Keamanan Tambahan pada

Kendaraan Sepeda Motor Berbasis Aplikasi Android dengan Menggunakan Mikrokontroller. Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2017 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. p- ISSN : 2407 – 1846 e-ISSN : 2460 – 8416.

Pratama, D., Hakim, D. A., Prasetya, Y., Febriandika, N. R., Trijati, M., & Fadilah, U. (2016). Rancang Bangun Alat dan Aplikasi untuk para Penyandang Tunanetra Berbasis Smartphone Android. Jurnal Khazanah Informatika, 14–19.

Priyanto, Mamdukh Adi. 2018. Angka Kejahatan di Kota Tegal Selama 2017 Alami Penurunan, Curanmor Masih Mendominasi. http://jateng.tribunnews.com/2018/01/01/angka-kejahatan-di-kota-tegal-selama-2017-alami-penurunan-curanmor-masih-mendominasi

Supriyono, H. & Setyawan. A. D. N. (2016). Perancangan Imobilizer Berbasis RFID untuk Sepeda Motor. Jurnal Emitor, Vol 16, No.2.

Kamelia, L., Noorhassan, A., Sanjaya, M., & Mulyana, E. (2014). Door-Automation System Using Bluetooth-Based Android For Mobile Phone. ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences, Vol 9, No.10.

Tharishny, S., Selvan, S., & Nair, P. (2016). Android based Smart House Control via Wireless Communication. International Journanl of Scientific Engineering and Technology, (5), 323-325.

Article Metrics

Abstract view(s): 1815 time(s)
PDF: 1113 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.