Sistem Informasi Pendaftaran Seminar dengan Tiket berbasis QR Code

Dwi Arianto Adi Nugroho(1*), Heru Supriyono(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Perkembangan teknologi informasi di Era sekarang ini sangat pesat, salah satunya adalah Qr Code. Quick Response Code (Qr Code) adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Dalam sebuah acara seminar, peserta harus mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan tiket yang digunakan untuk masuk kedalam acara seminar dan tiket tersebut masih menggunakan tiket dalam bentuk kertas atau yang biasa disebut dengan tiket konvensional. Untuk mengatasi masalah yang terjadi maka diperlukan sistem pendaftaran siminar online dengan tiket berbasis Qr Code. Tujuan dibuatnya sistem ini adalah untuk meningkatkan efisiensi waktu dalam pendaftaran di sebuah seminar. Sistem ini memanfaatkan Qr Code sebagai komponen utama dimana Qr Code sebagai primary key yang berisi data user dan webcam sebagai alat untuk membaca data Qr Code pada tiket yang diunduh oleh user serta Personal Computer (PC) untuk menjalankan sistem yang sudah dibangun. Sistem ini dibuat dengan bahasa pemrograman hypertext prepocessor (PHP) dengan framework Bootstrap dan MySQL untuk database. Perancangan sistem ini menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC). Hasil dari pengujian yang dilakukan oleh client dan user menggunakan metode blackbox telah berhasil sesuai dengan tujuan program dibuat yaitu membantu proses pendaftaran agar lebih efisien. Berdasarkan pengujian dengan membagikan kuesioner yang diberikan kepada calon pengguna dapat diketahui sebanyak 91.47% responden setuju jika sistem ini efisien dan layak untuk digunakan.

Keywords

seminar; qr code; pendaftaran online; tiket

Full Text:

PDF

References

Barjtya, S., Sharma, A., & Rani, U. (2017). A detailed study of Software Development Life Cycle ( SDLC ) Models, International Journal Of Engineering And Computer Science, 6(7), 22097–22100.

Hendry, R., Rahman, M. N. A., & Seyal, A. H. (2017). Smart Attendance System Applying QR Code, 12th International Conference on Latest Trends in Engineering and Technology May 22-24, 2017 Kuala Lumpur (Malaysia), 1–5.

Kaur, S. (2017). QR Code Security and Solution, International Journal of Engineering Science and Computing, 7(4), 10323–10325.

Talip, B. A. (2018). Mobile Attendance System Using Qr Codes Technology, Journal of Computing Technologies and Creative Content, 3(1), 1–3.

Tiwari, S. (2016). An Introduction To QR Code Technology, International Conference on Information Technology, 4(3), 39-44.

Article Metrics

Abstract view(s): 1798 time(s)
PDF: 2877 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.