Sistem Informasi Persewaan Kendaraan berbasis Web pada P.O. Karya Aji Makmur

Rian Aji Permana(1*)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

P.O. Karya Aji Makmur adalah perusahaan yang bergerak dibidang persewaan kendaraan yang pada umumnya digunakan untuk mengangkut air bersih, tanah dan pasir. Perusahaan yang berada di Desa Mudal, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali ini merupakan salah satu jasa persewaan kendaraan yang saat ini masih menggunakan metode pembukuan secara manual sebagai sumber data pencatatan transaksi persewaannya. Penelitian ini berupa pengembangan sebuah sistem informasi yang sederhana dan mudah dioperasikan dengan tujuan dapat mempermudah perusahaan mengelola data kendaraan yang disewakan dan dapat mempermudah dalam merekap transaksi keuangan hingga melakukan pembukuan setiap bulan dan tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah waterfall, meliputi analisa kebutuhan, perancangan, pengembangan, pengujian dan implementasi. Sistem informasi ini berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP (Program Hypertext Preposesor) dengan basis data MySQL PhpMyAdmin (Structured Query Lenguage). Hasil dari penggunaan sistem informasi persewaan kendaraan yaitu dapat mempermudah perusahaan dalam mengontrol dan melakukan rekapitulasi persewaan kendaraan. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan metode pengujian blackbox dari 7 poin yang sudah diuji hasilnya semua valid.

Keywords

Kendaraan; Persewaan; Sistem Informasi; Web

Full Text:

PDF

References

Eddy, Richard. 2010. Aspek Legal Properti – Teori, Contoh, dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Hielmy, Achmad Rizal (2015). Pengembangan Aplikasi Simpan Pinjam Menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 Pada Koperasi Simpan Pinjam Mitra Jasa Indramayu. Politeknik Negeri Malang.

Sujiman, S (2016). Sistem Aplikasi Penjualan dan Penggajian Pada CV Arabians Kebab Berbasis Web. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ramdani, T. Husain (2017). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penyewaan Ruangan dan Fasilitas pada PT. Indramas Jayalestari, Jurnal Sistem dan Komputerisasi Akuntansi, 1(2), 1-7.

Nugraini, Riezty Hening (2015). Perancangan Sitem Informasi Akuntansi Terkomputerisasi Jasa Penyewaan Rental Mobil Pada NT Rent Car Kudus. Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Bapatope, A. O. & Olusola, A. A. (2015). Factor Analysis of Robust Secure Software Development Model. International Journal of Science and Research (IJSR). 5(4), 958-960.

Sharma, Mohit Kumar (2017). A Study of SDLC Develop Well Engineered Software. International Journal of Advanced Research in Computer Science, 8(3), 520-523.

Article Metrics

Abstract view(s): 611 time(s)
PDF: 301 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.