Pembuatan Game Edukasi Tata Surya dengan Construct 2 berbasis Android

Rina Nuqisari(1*), Endah Sudarmilah(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Tata surya adalah sekumpulan dari beberapa benda langit yang terdiri dari matahari sebagai pusatnya serta semua benda yang terkait dengan gaya gravitasinya. Objek tersebut merupakan planet, meteor, asteroid dan lainnya. Banyak benda yang mengitari matahari, dan salah satunya yang terpenting adalah planet. Planet yang ada ditata surya berjumlah delapan, dengan masing-masing memiliki ukuran yang berbeda-beda dengan orbit yang berbeda, oleh karena itu banyak orang yang terkadang salah untuk membedakan antara satu planet dengan planet yang lainnya. Pembelajaran tentang tata surya perlu diterapkan sejak dini, oleh karena itu pembelajaran tata surya tercantum dalam kurikulum materi pada sekolah dasar. Perkembangan teknologi yang semakin meningkat akan memudahkan pembelajaran, yaitu dengan adanya game edukasi. Banyaknya game edukasi saat ini akan memudahkan untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan metode yang menyenangkan. Oleh karena itu, maka peneliti bertujuan untuk merancang dan menciptakan game edukasi tata surya. Pembuatan game dilakukan dengan menggunakangame engine Construct 2, dengan metode yang digunakan yaitu waterfall. Dengan adanya game edukasi ini diharapkan dapat membantu pembelajaran siswa dalam memahami materi tentang tata surya.

Keywords

construct 2; game edukasi; tata surya; waterfall

Full Text:

PDF

References

T. A. Ananda, N. Safriadi, A. S. Sukamto, P. Studi, and I. Universitas, “Penerapan Augmented Reality Sebagai Planet-Planet Di Tata Surya,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2015.

E. Sudarmilah and M. G. Negara, “khazanah informatika Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika,” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 1, no. 1, pp. 12–15, 2013.

E. B. Kirikkaya, Ş. Işeri, and G. Vurkaya, “A board game about space and solar system for primary school students,” Turkish Online J. Educ. Technol., vol. 9, no. 2, pp. 1–13, 2010.

J. Winnandin and A. Rosyidi, “Pembuatan Aplikasi Game The Adventure Of Nhard Pada KOMA AMIKOM Surakarta,” J. IT CIDA, vol. 1, no. 1, pp. 32–41, 2015.

S. Noviyanti, “Perancangan Aplikasi Game Edukasi Untuk Pembelajaran Bahasa Ternate Pada Anak-Anak,” IJIS(Indonesian J. Inf. Syst., vol. 2, no. 2, pp. 57–68, 2017.

A. V. Vitianingsih, “Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini,” J. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 46–58, 2016.

M. J. Dondlinger, “Educational Video Game Design: A Review of the Literature,” J. Appl. Educ. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 20–31, 2007.

G. Bekebrede, H. J. G. Warmelink, and I. S. Mayer, “Reviewing the need for gaming in education to accommodate the net generation,” Comput. Educ., vol. 57, no. 2, pp. 1521–1529, 2011.

D. W. W. Shaffer, K. D. D. K. Squire, R. Halverson, J. P. P. Gee, and P. Division, “Mark Griffiths The educational benefits of videogames Videogames have great positive potential in,” Educ. Heal., vol. 20, no. 3, pp. 49--62, 2002.

E. Pujiono, “Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Construct 2 pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Materi Hindu Budha untuk SMA Negeri 1 Semarang Kelas X,” JP3 (Jurnal Pendidik. dan Profesi Pendidik), vol. 3, no. 1, pp. 1–17, 2018.

F. A. Purnomo et al., “Pembuatan Game Edukasi ‘ Petualangan Si Gemul ’ Sebagai Pembelajaran Pengenalan Daerah Solo Raya Pada Anak,” SIMETRIS, vol. 7, no. 2, pp. 619–626, 2016.

D. I. Nurrahim and E. Sudarmilah, “EduGame Sejarah Islam Masuk Indonesia,” J. IlmiahTeknik Elektro, vol. 03, no. 2, 2016.

Article Metrics

Abstract view(s): 8092 time(s)
PDF: 5976 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.