Perancangan Sistem Pengunci Rumah Otomatis berbasis Mikrokontroler ATMega238 yang Dilengkapi Kamera Serial VC0706

Faisal Nanda Kisworo(1*)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Seiring majunya teknologi di bidang Mikrokontroler pada penerapan sistem rancangan rumah pintar, muncul banyaknya inovasi yang di kembangkan untuk melakukan kegiatan sesuatu dirumah dengan cara otomatis. Salah satunya inovasi dari penulis yang membuat sistem rancangan pengunci rumah otomatis berbasis Bluetooth dan Sensor Sentuh yang dilengkapi dengan Kamera Serial, mudahnya sistem pengunci rumah konvensional seperti kunci tuas dan kunci silinder dapat dengan mudah dipelajari oleh orang awam dengan begitu banyak terjadi tindak kriminal seperti perampokan di dalam rumah. Adanya inovasi dari penulis yaitu membuat rancangan sistem pengunci rumah otomatis yang berbasis mikrokontroler dengan dilengkapi pengaman ganda yaitu berupa password dan Kamera Serial. Metode yang digunakan untuk rancangan sistem tersebut adalah metode Ekperimental yang diimplementasikan pada software dan hardware, karena menurut penulis metode ini sangat cocok untuk pengembangan sistem atau alat yang baru. Rancangan sistem ini baru mencapai hasil Prototype, dengan demikian rancangan sistem tersebut masih membutuhkan pengembangan lagi, terutama pada bagian casing. Rancangan sistem tersebut telah diuji dengan mencoba mengaktifkan dan menonaktifkan Solenoid lewat modul Sensor Sentuh dan modul Bluetooth HC-05 yang telah terkoneksi lewat transmisi bluethooth pada smartphone, lalu mengaktifkan Buzzer dan Kamera Serial jika adanya getaran yang deterima oleh Sensor Getar. Aplikasi yang terpasang pada smartphone telah dilengkapi dengan sistem login password yang berguna untuk menambahkan keamanan ganda pada sistem pengunci rumah otomatis.

Keywords

Arduino; Mikrokontroler; Bluetooth; Sensor Sentuh; Kamera Serial

Full Text:

PDF

References

M. Syahwil, panduan mudah belajar arduino mengunakan simulasi proteus, sulawesi selatan: ANDI-OFFSET, 2014.

S. Tharishny. S. Selvan, and P. Nair. Android based Smart House Control via Wireless Communication. International Journanl of Scientific Engineering and Technology, vol 5, no 1, pp. 323-325, 2016.

M. Damanik. perancangan sitem pendeteksi asap rokok yang dilengkapi kamera serial. Jurnal perancangan sistem pendeteksi, vol 2, no 4, pp. 15-16, 2017.

K. Ika, A. Tahtawi, and A. Rafi. Aplikasi Arduino-Android untuk Sistem Keamanan Sepeda Motor. JTERA Jurnal Teknologi Rekayasa, vol 1, no 1, pp. 53-58, 2016.

M. Tatovii, A. Milovanovii and I. Karapandii. Device for the Remote Measurement of Meteorological Data Based on Arduino Platform. Serbian Journal of Electrical Engineering, vol 13, no 1,pp. 136-137, 2016.

M. Trossen, Control a Solenoid With Arduino, Wired, 26 Maret 2019.

Lamudi, Alat Pintar untuk Mengamankan Rumah dari Penyusup, Wired, 21 Oktober 2014.

T. Rahajoeningroem and Wahyudin, Sistem Keamanan Rumah Dengan Monitoring Menggunakan Jaringan Telepon Seluler, Bandung: Universitas Komputer Indonesia, 2013.

Article Metrics

Abstract view(s): 761 time(s)
PDF: 616 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.