Aplikasi Prediksi Umur Anak Sekolah Dasar berdasarkan Kemampuan Menyusun Kalimat Bahasa Indonesia

Apriliga Pratama(1*)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Umur anak sekolah dasar berkisar antara 6-12 tahun. Setiap anak mempunyai kemampuan berimajinasi yang berbeda dalam membuat kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi umur anak berdasarkan kalimat yang telah dibuat dari sebuah kata. Untuk mendapatkan kalimat, peneliti harus membuat website survei yang nantinya akan digunakan sebagai tempat menginputkan kalimat dari kata yang telah disediakan oleh sistem. Survei tersebut mendapatkan 1000 kalimat yang berbeda dari 100 anak usia sekolah dasar. Seribu kalimat tersebut kemudian dikelompokkan berdasarkan umur anak yang menyusun dan selanjutnya dihitung korelasi antara jumlah kata pada kalimat dengan umur anak. Menurut perhitungan, korelasi antara umur anak dan rata-rata jumlah kata pada kalimat adalah 0,885. Angka korelasi sebesar 0,885 bermakna bahwa terdapat keterkaitan yang sangat kuat antara umur dan jumlah kata yang digunakan dalam menyusun kalimat. Untuk memprediksi umur dapat digunakan rumus: y = 0.666x - 1.707 R² = 0.783 rumus diperoleh dari Microsoft Excel.

Keywords

Prediksi; Survei; Korelasi

Full Text:

PDF

References

S. Hartati dan E. fitria, ”Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5- 6”, Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, p. 2, 2017.

P. H. Pebriana, ”Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng,” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 1, no. 2, pp. 139-147, 2017.

D. A. Apriastuti, ”Analisi Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh orang Tua Dengan Perkembangan Anak Usia 48 ? 60 Bulan,” Jurnal Ilmiah Kebidanan, vol. 4, p. 2, 2013.

F. Schoeman, ”Emotions, Responsibility and Character,”03 February 2010. [Online]. Available: https://doi.org/10.1017/CBO9780511625411.007. [Accessed 11 Mei 2019].

S. Pertiwi, ”Pola Pengasuhan Untuk Mengembangkan Karakter Anak,” Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, p. 18, 2014.

A. Z. Fitri, ”Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah”, Yogyakarta: Ruzz Media, 2012.

F. Gazali, ”Anak Idiot? Jangan Menyerah!,” 3 9 2007. [Online]. Available: http://majalah.tempointeraktif.com. [Accessed 9 2 2019].

B. Nurgiyantoro, ”Tahapan Perkembangan Anak dan Pemilihan Bacaan Sastra Anak,” Cakrawala Pendidikan, pp. 197-216, 2005.

H. Thamrin, ”Efektivitas Algoritma Semantik dengan Keterkaitan Kata dalam Mengukur Kemiripan Teks Bahasa Indonesia,” Khazanah Informatika, vol. 1, no. 1, pp. 7-11, 2015.

W, ”Penamaparan Metode Penelitian Kuantitatif,” juli 2017. [Online]. Available: http://repository.uin-malang.ac.id/1985/2/1985.pdf. [Accessed 10 2 2019].

E, ”A Comparative Study Of White Box, Black Box And Grey Box Testing Techniques,” International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 2014.

A. M. Telussa, E. R. Persulessy and Z, dan A. Leleury, ”Penerapan Analisis Korelasi Parsial Untuk Menentukan Hubungan Pelaksanaan Fungsi Manajemen Kepegawaian Dengan Efektifitas Kerja Pegawai’, Jurnal Barekeng, p. 15 - 18, 2013.

N. Syafitri, S. and T. , ”Aplikasi Forecasting Mengenai Angka Kelahiran di Kota Kendari Menggunakan Metode Regresi Linear Berganda,” semanTIK, pp. 2502-8928, 2018.

Article Metrics

Abstract view(s): 177 time(s)
PDF: 156 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.