Pemanfaatan Smartphone berbasis Android sebagai Alat Pengontrol Pembersih Lantai

Ratnasari Nur Rohmah(1*), Nindya Kaloka(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Di era kemajuan teknologi saat ini kemudahan dan kepraktisan dalam melakukan sesuatu banyak dibutuhkan untuk membantu kegiatan manusia dalam keseharian. Penggunaan smartphone berbasis android sebagai alat komunikasi yang cangih dapat memberikan solusi untuk mengembangkan suatu alat konvensional menjadi alat yang modern. Berdasarkan permasalahan yang dijabarkan, maka tujuan penelitian ini yaitu merancang alat pembersih lantai yang praktis dan mudah dioperasikan menggunakan smartphone berbasis android. Alat pembersih lantai ini dibuat dengan desain robot penyedot kotoran sederhana yang memiliki empat roda dimana dua roda sebagai penggerak dan dua lainnya sebagai follower. Penggerak roda menggunakan motor DC yang dikendalikan oleh motor L289N. Pada aplikasi android yang ada di smartphone digunakan sebagai pengendali jarak jauh pergerakan pembersih lantai. Pengendalian dilakukan dengan pemilihan tombol gerakan maju, mundur, belok kanan, belok kiri, dan stop. Rangkaian kontrol menggunakan bluetooth HC - 05 sebagai penerima data dan mikrokontroler arduino sebagai pengolah data. Data yang diterima dari smartphone diolah untuk menggerakkan rangkaian motor DC. Alat ini dilengkapi sensor ultrasonik HC – SR04 sebagai pengontrol jarak antara alat pembersih lantai dengan dinding atau benda lainnya.

Keywords

Android; Arduino; Bluetooth; Motor DC

Full Text:

PDF

References

Ardhi, Setya, dan Hari Sutiksno. 2016. Perancangan dan Pembuatan Prototipe Alat Pembersih Lantai dari Jaringan Bluetooth. Seminar Internasional dan Konferensi Nasional IDEC 2016.

Monaiou-Olaru dan Nitulescu. 2011. Hexapod Robot. Virtual Models forPreliminary Studies, 1St International Conference on System Theory Control and Computing (ICSTCC).

Muhira, Muhammad, dkk. 2017. Rancang Bangun Robot Pembersih Lantai Berbasis Arduino.

Saniya, Nina dan Umi Fadillah. 2018. Alat Monitoring Suhu Kabel Trafo Berbasis Arduino dengan SMS.

Sofana. 2008.Membangun Jaringan Komputer. Penerbit Informatika:Bandung.

Rohmah, Ratnasari Nur, dan Laksono Budi Prianggodo. 2016. Rancang Bangun Robot Beroda dengan Object Tracking sebagai Dasar Pengendalian Gerakan Robot. Jurnal PROtek Vol. 03.

Yongkui Ma, Yuming Wei, dkk.(2014). Design and Implementation of The Smart Home App Based on The Android System.China: Harbin Institute of Technology.

Article Metrics

Abstract view(s): 1264 time(s)
PDF: 931 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.