Desain Inverter Satu Fase menggunakan Metode DDS untuk Mengurangi Konsumsi Daya Lampu Papan Reklame

T Turahyo(1*)

(1) Sekolah Tinggi Teknologi Bontang
(*) Corresponding Author

Abstract

Reklame digunakan untuk  memberikan informasi kepada masyarakat dengan tujuan untuk menarik perhatian dan menggerakan keinginan untuk membeli barang sehingga meningkatkan jumlah penjualan produk barang atau jasa. Reklame biasanya di buat dan ditempatkan ditempat-tempat  strategis yang dapat dilihat baik pagi maupun malam hari. Untuk melihat reklame pada malam hari dibutuhkan penerangan yang cukup baik. Penerangan ini menggunakan lampu sorot yang membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Inverter satu fase dengan metode direct digital synthesis (DDS) dapat digunakan untuk mengurangi penyerapan daya listrik pada lampu penerangn reklame dengan menurunkan tegangan listrik melalui pengaturan indeks modulasi pada pembangkit PWM. Dari hasil simulasi dengan beban lampu 440 Watt menunjukkan bentuk gelombang keluaran dalam bentuk tegangan sinusoidal murni. Tegangan output adalah 223 volt dan arusnya adalah 2,23 A pada frekuensi 50 hz dengan indeks modulasi 0,8. Kondisi cahaya iluminasi normal cerah, sedangkan indeks modulasi 0,6 menghasilkan tegangan 170 volt dan arus 1,7 A dengan pencahayaan redup. Konsumsi listrik untuk penerangan menggunakan inverter mengalami penurunan sebesar 26,5%.

Keywords

Penurun Daya Listrik; Inverter Satu Fase; Lampu Reklame

Full Text:

PDF

References

Antonov and Natalinus, “Pengaruh perubahan tegangan sumber terhadap karakteristik faktor daya pada lampu hemat energi,” Jurnal Teknik Elektro ITP, vol. 2, no. 1. 2013.

A. S. Indhana, “Rancang bangun alat untuk perbaikan faktor daya pada beban dinamis 1 fase dan monitoring daya dengan LCD grafik.” Teknik Elektro Industri. PENS-IT, Surabaya. 2014.

Syacan Ahmad and Nasir Abdul, “Perbaikan faktor daya pada saluran rumah 2200 VA dilengkapi dengan display dan penstabil tegangan.” Teknik Elektro Industri. PENS-IT , Surabaya. 2014.

M. Islam. S. M and Sharif. G. M, “Microcontroller Based Sinusoidal PWM Inverter for Photovoltaic Application,”International Conference on the Developments in Renewable Energy Technology (ICDRET). pp. 1-4. 2009.

Variath, R. C., Andersen, M. A. E, Nielsen, O. N., and Hyldgard, AA “Review of module inverter topologies suitable for photovoltaic systems,” IPEC Conference Proceedings, pp. 310-316. 2010.

Sidik,Y., Wijaya F.D and Firmansyah, E. “Sinusoidal pulse width modulation berbasis lookup table untuk inverter satu fase menggunakan 16-bit digital signal controller, “JNTETI, Vol. 2, No. 2, pp. 47-50. 2013.

Wijaya F. D and Firmansyah Eka, “Sistem kendali daya aktif untuk inverter satu fase yang terintegrasi dengan jaringan distribusi 220 Vrms.” JTETI UGM, 2012.

Zarory Hilman, “Kendali penyimpan energi listrik untuk aplikasi mikrogrid.” JNTETI UGM, 2014.

Tajuddin, M and Ismail, B. “Implementation of DSP based SPWM for single fase inverter, in Power Electronics Electrical Drives Automation and Motion (SPEEDAM)," 2010 International Symposium on, pp. 1129 –1134. 2010.

Article Metrics

Abstract view(s): 465 time(s)
PDF: 408 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.