Game Edukasi Pembelajaran Sejarah Berdirinya Indonesia untuk Sekolah Dasar

Agam Arta(1*), Devi Afriyantari Puspa Putri(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Ilmu pengetahuan tentang sejarah telah diajarkan pada murid SD dalam pendidikan di Indonesia, dimana materi pembelajaran telah sesuai dengan kurikulum yang ada di Indonesia. Namun dalam proses pembelajaran saat ini masih mengikuti metode lama, yaitu menyampaikan dan menjelaskan isi yang ada di dalam buku serta menggunakan pendukung proyektor apabila guru ingin menjelaskan melalui PowerPoint yang telah dibuat. Berdasarkan masalah tersebut diabuatlah aplikasi pembelajaran berupa game edukasi berbasis Android untuk kelas 4 SD, agar para murid tidak merasa jenuh saat diajarkan oleh guru dan memiliki ketertarikan terhadap sejarah terutama sejarah Indonesia. Perancangan aplikasi ini menggunakan Unity 5.6 dan CorelDraw X8 sebagai editing grafis. Tahapan untuk pengujian game edukasi ini menggunakan metode blackbox dan kuisioner, yang ditujukan kepada murid dan guru sebagai responden. Hasil yang didapatkan dari pengujian game edukasi tersebut menunjukkan bahwa aplikasi yang dijalankan pada beberapa perangkat Android berjalan dengan baik sesuai dengan harapan. Pada pengujian kuisioner, hasil yang didapatkan dari data yang telah diisi oleh murid dan guru rata-rata adalah 88,72%. Dapat disimpulkan bahwa banyak yang tertarik oleh game edukasi tersebut dan dapat menjadi media berupa aplikasi pembelajaran sejarah agar para murid menjadi semangat ketika diterangkan pelajaran oleh guru.

Keywords

Android; Sejarah; Indonesia; Game; Edukasi; Unity

Full Text:

PDF

References

T. F. Prasetyo, H. Sanjaya, and D. Santana, "Aplikasi Game Edukatif Tebak Nama Pahlawan Nasional (GNPI) Berbasis Multimedia Interaktif", pp. 28-32, 2016.

D. L. Fithri and D. A. Setiawan, "Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini", vol. 8, no. 1, pp. 225-230, 2017.

Afriki, dkk, "Tema 7 INDAHNYAKERAGAMAN DINEGERIKU Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru SD/MI Kelas IV", Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, 2013.

P. L. Ekawati and A. Z. Falani, "Pemanfaatan Teknologi Game Untuk Pembelajaran Mengenal Ragam Budaya Indonesia Berbasis Android", vol. 22, no. 1, pp. 30-36, 2015.

D. Irsa, R. Wiryasaputra, and S. Primasari, "Perancangan Game Edukasi Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Linear Congruent Method (LCM) Berbasis Android", vol. 6, no. 1, pp 7-14, 2015.

Jeffry and J. Petrus, "Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Puzzle Pengenalan Tokoh Sejarah Berbasis Android Dengan Metode Linear Congruential Generator (LCG), 2014.

B. Agus, Triono, and A. Desy, "Aplikasi Interaktif Pengenalan Pahlawan Revolusi Indonesia Berbasis Multimedia", Jurnal Sisfotek Global, vol. 4, no. 2, pp. 36-40.

Article Metrics

Abstract view(s): 2716 time(s)
PDF: 1869 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.