Kompetensi Motorik Anak Usia Dini dengan Prestasi Belajar Di Taman Kanak-Kanak (Tk) Aisyiyah 5 Semanggi

Almas Awanis(1*), Binuko Amarseto(2), Diyono Diyono(3)

(1) Program Studi D-IV Fisioterapi, STIKES Nasional Surakarta
(2) Program Studi D-IV Fisioterapi, STIKES Nasional Surakarta
(3) Program Studi D-IV Fisioterapi, STIKES Nasional Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Pendahuluan: Pendidikan awal anak usia dini merupakan bagian terpenting sebagai pondasi pembangun bangsa. Dianggap sebagai pendidikan usia dini karena mereka berada pada usia dimana individu mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Usia ini juga disebut dengan usia emas. Masa pra sekolah apabila diberikan stimulasi seluruh aspek perkembangan, maka berperan penting untuk tugas perkembangan selanjutnya, dimana 80 % perkembangan kognitif anak telah tercapai pada usia prasekolah.

Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan dari kompetensi motorik anak usia dini dengan prestasi belajar di taman kanak-kanak (TK) aisyiyah 5 semanggi.

Metode: Penelitian ini akan dilakukan pada Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiyah 5 Semanggi pada bulan juli 2020. Data hasil penelitian akan dianalisis dengan uji univariable dan bivariable untuk mengetahui bagaimana hubungan dari kompetensi motorik anak usia dini dengan prestasi belajar di taman kanak-kanak (TK) aisyiyah 5 Semanggi.

Hasil: Terdapat peningkatan dari proses pembelajaran yang telah diberikan oleh pihak TK. Peningkatan dari aspek motorik anak berpengaruh terhadap aspek kognitif, peningkatan ini mengarah ke positif. Sehingga semakin baik perkembangan motorik kasar anak maka semakin baik pula perkembangan motorik halusnya.

Kesimpulan: Terdapat hubungan dari kompetensi motorik anak usia dini dengan prestasi belajar di taman kanak-kanak (TK) aisyiyah 5 semanggi.

References

Budianto, Y. Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dengan Usia Perkembangan Anak Usia 3-5 Tahun Di Tk Sentosa Bhakti Baturaja. Masker Medika. 2020; 8(1), 41-45.

Dahlan MS. Statistik untuk kedokteran dan kesehatan: Penerbit Salemba; 2011

Dianita I. Pengaruh Permainan Air Terhadap Kebugaran Jasmani Pada Anak Usia Dini: Quasi Eksperimen di TK Pelita Bunda Kelompok B Tahun Ajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia); 2016.

Handajany S, Agustin D & Rafiani N.Hubungan Karakteristik Dan Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi Perkembangan Dengan Tingkat Perkemb Anak Di Ra Safinatul Jannah Kabupaten Bekasi Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Bhakti Husada. 2017; 3(2), 1-1.

Ibaadillah, AA. Hubungan Stimulasi Orang Tua Dengan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia 3-5 Tahun Di Kb-Ra Muslimat Nu 16 Kota Malang. Jurnal Wiyata: Penelitian Sains Dan Kesehatan. 2019; 5(2), 93-97.

Kail, RV. Children and their development. Pearson Higher Ed; 2015.

Oberer N, Gashaj V & Roebers CM. Motor skills in kindergarten: Internal structure, cognitive correlates and relationships to backĀ¬ground variables. Human Movement Science. 2017; 52. 170-180.

Pudyaningtyas AR, & Parwatiningsih SA. Kompetensi Motorik Anak Usia Dini: Keterkaitannya Dengan Kognitif, Afektif Dan Kesehatan. Jurnal Ilmiah Visi. 2019; 14(2), 123-132.

Rahmah ND, Ardiaria M, & Dieny, FF. Pola Asuh Aktivitas Fisik Terhadap Risiko Kejadian Gizi Lebih Pada Anak Prasekolah Di Kecamatan Ngesrep Dan Tembalang, Semarang. Gizi Indonesia. 2019; 42(1), 1-10.

Rahmi, N & Husna A. Hubungan Status Ekonomi Keluarga dan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak Prasekolah di Taman Kanak-Kanak Bijeeh Mata Pagar Air Aceh Besar. Journal Of Healthcare Technology And Medicine. 2019; 2(1), 110-115.

Solihin RDM, Anwar F, & Sukandar D. Kaitan antara status gizi, perkembangan kognitif, dan perkembangan motorik pada anak usia prasekolah (relationship between nutritional status, cognitive development, and motor development in preschool children). Nutrition and Food Research. 2013; 36(1), 62-72.

Article Metrics

Abstract view(s): 364 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 313 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.