Hubungan Tingkat Kecemasan dan Tekanan Darah Pada Karyawan Universitas Panca Bhakti

Dini Afriani Khasanah(1*), Myranti Puspitaningtsya Junaedi(2), Miftahul Nur 'Amaliyah(3), Listya Triandari(4), Deni Nelissa(5), Ivan Wagner(6)

(1) University of Panca Bhakti, Faculty of Health Science, Departement of Physiotherapy
(2) Program Studi S1 Fisioterapi, Fakultas Pertanian, Sains, Dan Teknologi, Universitas Panca Bhakti
(3) Program Studi S1 Fisioterapi, Fakultas Pertanian, Sains, Dan Teknologi, Universitas Panca Bhakti
(4) Program Studi S1 Fisioterapi, Fakultas Pertanian, Sains, Dan Teknologi, Universitas Panca Bhakti
(5) Program Studi S1 Fisioterapi, Fakultas Pertanian, Sains, Dan Teknologi, Universitas Panca Bhakti
(6) Program Studi S1 Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Panca Bhakti
(*) Corresponding Author

Abstract

Pasca pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Permasalahan kesehatan menjadi hal utama yang diperhatikan oleh seluruh masyarakat. Berbagai jenis gangguan muncul bukan hanya gangguan fungsi tubuh manusia saja, tetapi juga gangguan mental. Salah satu gangguan mental yang paling dijumpai adalah gangguan kecemasan seperti cemas akan kesehatan diri sendiri, kesehatan keluarga, bahkan kesehatan di lingkungan kerja. Gangguan kecemasan ini bisa mempengaruhi perubahan tekanan darah. Tingkat kecemasan dan perubahan tekanan darah seseorang sangat dipengaruhi oleh beban kerja yang tinggi dan kurangnya aktifitas fisik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecemasan dan tekanan darah pada karyawan di Universitas Panca Bhakti. Metode penelitian menggunakan korelasi analitik dengan desain penelitian cross sectional design. Responden penelitian berjumlah 30 orang. Hasil dari penelitian mendapatkan nilai p dari tekanan darah sistolik sebesar 0,000 dan nilai r = 0,672 yang bermakna hubungan positif dan kekuatan korelasi yang tinggi. Nilai p dari tekanan darah diastolik sebesar 0,001 dan nilai r = 0,571 yang bermakna hubungan positif dan kekuatan korelasi yang tinggi. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara tingkat kecemasan dan tekanan darah pada karyawan Universitas Panca Bhakti. Karena saat cemas, sistem kerja kardiovaskuler mengalami peningkatan yang berdampak pada perubahan tekanan darah

References

Angela, O.S. .2007. Gambaran Sikap terhadap Hidup Melajang dari Kecemasan akan Ketidakhadiran Pasangan pada Wanita Lajang Berusia di atas 30 tahun.

Arifuddin, A., & Nur, A. 2017. Pengaruh Efek Psikologis Terhadap Tekanan Darah Penderita Hipertensi. IEEE International Conference on Acoutics, Speech, and Signal Processing (ICASSP) 2017. 41(2):84-93.

Carpenito. 2006. Buku Saku Keperawatan Edisi III. Jakarta: EGC.

Inayati, Anik & Ayubbana, Sapti. 2017. Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Peningkatan Tekanan Darah Pada Pasien Praoperasi Elektif Di Ruang Bedah. Wacana Kesehatan. 1(1):1-6.

Kaplan, & Sadock, J. B., dan Virginia A. S. 2010. Gangguan Ansietas. Dalam : Kaplan & Sadock Buku Ajar Psikiatri Klinis. Ed Ke- 2. Jakarta: ECG.

Kartika, C. Duri. 2015. Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Stres Akademik Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. [Skripsi]. Surakarta: FK Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lewis, S. M., Margaret, M. H., & Shanon, N. D. 2005. Medical Surgical Nursing Assessmen and Management of Clinical Problems Vol. 1. St. Louis, Missouri: Mosby inc.

Marliana, Thika., Kaban, Irsan Surya. & Chasanah, Uswatun. 2019. Hubungan Kecemasan Lansia Dengan Hipertensi di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur. Konas Jiwa XVI Lampung. p. 306-311.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Palmer, A & Williams, B. 2007. Simple Guides Tekanan Darah Tinggi. Jakarta: Erlangga.

Riset Kesehatan Dasar. 2013. Hasil Riskesdas 2013 Indonesia. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Setyawan, A., B. 2017. Hubungan Antara Tingkat Stres Dan Kecemasan Dengan Kejadian Hipertensi Pada Lansia Di Klinik Islamic Center Samarinda. Jurnal Ilmu Kesehatan. 5(1).

Sujarweni, V Wiratna. 2015. Statistik Untuk Kesehatan. Yogyakarta: Gava Media.

Videbeck, S. L. 2010. Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC.

Yassir Husaini, Farhan. 2020. Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Insomnia Pada Mahasiswa Angkatan 2019 Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. [Skripsi]. Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar.

Article Metrics

Abstract view(s): 117 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 144 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.