Status Ibu dan Pengaruhnya dalam Kecerdasan Moral Anak Pra-Sekolah

Permata Ashfi Raihana(1*), Wiwik Wulandari(2),

(1) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.2905

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari apakah ada perbedaan status kecerdasan moral pra sekolah dengan status ibu yang bekerja dan ibu rumah tangga dalam. Subyek penelitian adalah anak pra sekolah yang berusia 5-6 tahun di salah satu TK di Klaten yang berjumlah 68 anak. Teknik sampling yang digunakan dengan studi populasi. Pengukuran kecerdasan moral di ukur menggunakan sebuah booklet dengan gambar situasi-situasi yang memerlukan tindakan moral. Analisis yang digunakan adalah dengan T-test. Hasil dari penelitian ini menyatakan tidak ada perbedaan kecerdasan moral anak ditinjau dari status ibu, baik sebagai ibu rumah tangga maupun sebagai pekerja. Hal ini dibuktikan dengan ditolaknya hipotesis dengan nilai t = 1,080 dengan p=0,285 (p>0,05), yang berarti bahwa tidak ada perbedaan pada kecerdasan moral anak usia pra sekolah ditinjau dari status ibu.   Kata kunci : anak pra sekolah, ibu pekerja, ibu rumah tangga, kecerdasan moral, status ibu

References

Berns, R. (2007). Child, family, school, community : Sosialization and support. Belmont: Thompson Learning, Inc.

Borba, M. (2001). Building moral intelligence : The seven essential virtues that. San Fransisco: Josey - Bass.

Daulay, F. F. (2015, Oktober 11). Tribun-Medan. Dipetik Juni 21, 2016, dari Seorang Ibu Berlutut Minta Maaf Pada Putrinya Tidak Bisa Belikan Ponsel: http://medan.tribunnews.com/2015/10/11/seorang-ibu-berlutut-minta-maaf-pada-putrinya-tidak-bisa-belikan-ponsel

Grusec, J, & Kuczynsky, L. (1997). Parenting and children’s internalization of. Canada: John & Sons,Inc.

Karendehi, C. E. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecerdasan Moral pada Anak Usia 12-15 Tahun Di Smp Negeri 1 Tabukan Selatan Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal Keperawatan , Vol 4, No 1, Hal 1-6.

KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).Kamus versi online/daring (dalam jaringan). Dipetik mei 1, 2016, dari http://kbbi.web.id/

Mukti, N., & Hwa, S. (2004). Malaysian perspective : designing interactive multimedia learning environment for moral values education. Educational technology & society , 7(4), 143–152.

Pratiwi, M; Ekowarni, E. (2010). Kecerdasan moral anak usia prasekolah etnis Cina ditinjau dari gaya pengasuhan orangtua. Jogjakarta: UGM.

Pratiwi, S. (2010). Kecerdasan moral anak prasekolah etnis Cina ditinjau dari. Jogjakarta: UGM.

Santrock, J. W. (2002). Life span development. Fifth edition. New York: Wm. C. Brown Communication.

Sofia, A. (2013). Hubungan Pola Asuh Otoritatif Orang Tua Dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Moral. Jogjakarta: UGM.

TribunJogja. (2015, Januari 7). TribunJogja.com. Dipetik mei 22, 2016, dari Tribun Jogja: http://jogja.tribunnews.com/2015/01/07/ada-135-anak-terlibat-kasus-kejahatan

Article Metrics

Abstract view(s): 1203 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 2064 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.