PERANCANGAN SISTEM INSENTIF MENGGUNAKAN METODE PERENCANAAN INSENTIF KELOMPOK

Cahyono Sigit Pramudyo(1*),

(1) Program Studi Teknik Industri, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Jalan. Marsda Adi Sucipto no. 1, Yogyakarta, 55281, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v10i1.1246

Abstract

Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan human capital dan sumberdaya-sumberdaya yang lain secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Salah satu bagian dari fungsi manajemen adalah pemberian kompensasi. Penelitian memfokuskan pada perencanaan sistem insentif kelompok. Perencanaan sistem insentif ini bertujuan untuk memberikan dasar yang transparan dengan tingkat perbedaan insentif yang tidak terlampau besar antara penerima insentif yang terendah dan tertinggi. Tahapan dalam penelitian ini meliputi : penentuan variabel yang berperan dalam menentukan pemberian insentif , penentuan model pembobotan tiap variabel, formulasi pembagian insentif dan pembuatan simulasi perhitungan. Model pembagian insentif memberikan dasar yang transparansi dengan tingkat perbedaan insentif yang tidak terlampau besar antara penerima insentif yang terendah dan tertinggi.

Keywords

insentif; manajemen; sumber daya manusia

References

Russell, A.J., and Bernardin, H.J., 1998, Human Resource Management (An Experiential Approach), Second Edition, McGraw-Hill International Editions.

Hasibuan, M.S.P., 2000, Manajemen Sumberdaya Manusia, Bumi Aksara.

Wignjosoebroto, S., 1995, Ergonomi : Studi Gerak dan Waktu, Guna Widya.

Turner, W.C., 1993, Introduction to Industrial and System Engineering, 3rd Edition, Prentice Hall Inc.

Article Metrics

Abstract view(s): 726 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 5468 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.