STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN FOCUSED BASED EDUCATION

Suranto Suranto(1*),

(1) Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v4i3.1564

Abstract

Tujuan penulisan ini untuk memberikan masukan bagi penyelenggara program studi keteknikan atau program vokasi dan okupasi agar keluaran yang di hasilkan cepat memperoleh pekerjaan sesuai bidangnya. Pendekatan yang diusulkan adalah strategi pembelajaran yang terfokus, mendasar dan mendalam. Manfaat yang ingin di capai adalah keluaran yang dihasilkan siap pakai, siap kerja dan siap latih, artinya setiap lulusan yang di hasilkan lembaga pendidikan dapat terserap dan mampu diterima di pasar kerja, serta mampu mengaktualisasikan dirinya sendiri menjadi kreator dan inovator. Pendidikan siap pakai tersebut harus di bekali materi enterpreneur dan penggalian potensi diri dengan perpaduan pendidikan vokasi yang di dasari kurikulum berbasis life skill. Link and match yang didengungkan selama ini tidak optimal, maka istilah ini diganti dengan we serve the real world. Hal ini berdasarkan analisis bahwa pendidikan vokasi yang siap kerja ke depan mempunyai ciri penguasaan terhadap teknologi, mampu mengedepankan life skiil, berkreasi, berinovasi, menghasilkan produk nyata, keluaran yang siap kerja, mampu berwira usaha, dominasi praktek, bekerja sama dengan dunia industri, untuk meraih cita-cita tersebut dibutuhkan asesmen strategi pembelajaran yang tepat.

Keywords

asesmen; strategi; pembelajaran; pendidikan vokasi

References

Djojonegoro. W. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Sekolah Menengah Kejuruan . Jakarta.

Suranto. 2005. Focused Based Education Sebagai Solusi Peningkatan Mutu Sistem Pendidikan Di Indonesia. Makalah Seminar Mahasiswa Teknik Industri UMS. Surakarta.

Suranto. 2005. Menyongsong Reformasi Pendidikan Vokasi di Indonesia. Makalah Filosofis Tentang Pendidikan Vokasi. Mahasiswa PPs S3. UNY. Yogyakarta.

Suyono, H. 2003. Membangun Mutu Modal Manusia Indonesia Menghadapi Era Global. http://www.depdiknas.go.id/serba_serbi/Renstra/bab-IV.htm

Tampubolon, M. 2004., Paradigma Baru Pendidikan Bermutu Berdasarkan Sistem High Based Education Menghadapi Tantangan Abad Ke-21 Di Indonesia. Makalah Seminar Pendidikan di FIP-UNIMED Medan.

Usman, M. 2004. Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Perluasan Kesempatan Kerja. Makalah. Majalah Nakertrans Edisi - 03 TH.XXIV-Juni 2004

Article Metrics

Abstract view(s): 676 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 881 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.