STRATEGI PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAAN SEBAGAI UPAYA MENJAMIN KEPUASAN PELANGGAN

Mila Faila Sufa(1*), Dwi Harini(2),

(1) Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v5i2.1570

Abstract

Perusahaan roti X sebagai perusahaan yang memproduksi roti dituntut untuk dapat memberikan kualitas yang terbaik seperti yang diharapkan konsumen, agar konsumen mendapatkan kepuasan dan tidak beralih ke produk lain. Salah satu teknik yang digunakan untuk mengupayakan kualitas dari roti adalah dengan Quality Function Deployment (QFD). Dalam penelitian ini QFD digunakan untuk mengevaluasi kualitas dari produk roti di perusahaan roti X. Untuk dapat mengetahui keinginan konsumen maka digunakan kuisioner. Selanjutnya ditentukan derajat kepentingan, tingkat kepuasan konsumen, nilai target, rasio perbaikan, sales point, bobot, normalisasi bobot, serta penentuan parameter teknik dan interaksinya. Setelah melakukan pengolahan data maka diperoleh 14 atribut yang dianggap penting oleh konsumen, dan 7 langkah serta strategi yang harus dilaksanakan perusahaan. Atribut yang dianggap paling penting adalah adalah standarisasi mutu dari bahan baku.

Keywords

kualitas; produk; QFD; kepuasan

References

Azwar, Saifudin. 1997. Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Cohen, Lou. 1995. How To Make QFD Work For You. Addison Wesley, USA.

Hadi, Sutrisno. 2000. Statistik. Andi Offset, Yogyakarta.

Harini, Dwi. 2004. Upaya Meningkatkan Kualitas Produk Roti Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment . Tugas Akhir

Sugiarto. 2001. Teknik Sampling. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2002. Manajemen Jasa. Andi Offset, Yogyakarta.

Vincent, Gasperz. 1997. Manajemen Kualitas, Penerapan Kualitas dalam Industri Jasa. Jakarta, Gramedia.

Yamit, Zulian. 2001. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Ekonosia, Jakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 2308 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 1298 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.