PENILAIAN KUALITAS JASA PELAYANAN LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PRIMAGAMA BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN

Much. Djunaidi(1*), Ahmad Kholid Alghofari(2), Dwi Apriyanti Rahayu(3),

(1) Jurusan Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Jurusan Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Jurusan Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v5i1.1591

Abstract

PRIMAGAMA merupakan bimbingan belajar bagi siswa-siswi SMU atau sederajat untuk mencapai kelulusan dan dapat melanjutkan studinya keperguruan tinggi yang dikehendakinya. Banyaknya lembaga pendidikan yang bermunculan saat ini, menjadikan acuan bagi PRIMAGAMA untuk meningkatkan mutu pelayanan agar sesuai dengan harapan konsumen (siswa didik). Untuk Itu perlu dilakukan penilaian terhadap kualitas jasa pelayanan pada LBB tersebut. Penilaian kualitas jasa pelayanan dimaksudkan untuk menentukan atribut kualitas jasa berdasarkan pada tingkat kepentingan konsumen terhadap atribut kualitas jasa tersebut dan tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas atribut jasa pelayanan tersebut. Metode Servperf dapat digunakan untuk memilah nilai kualitas jasa pelayanan sehingga dapat digunakan untuk menentukan pioritas penanganannya.

Keywords

kualitas; konsumen; pelayanan; SERVPERF

References

Arikunto, S. 2001. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 1997. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cohen, L. 1999. How to Make QFD Work For You. USA: Addison Wesley.

Kotler, P. 1994. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. 1997. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Marzuki. 2002. Metodologi Riset. Yogyakarta: BPFE-UII.

Nasution, M.N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Prayitno, T. 2003. Analisa Perencanaan dan Pengembangan Produk dengan Metode QFD dan Ditinjau dari Aspek Ergonomi. Surakarta: Teknik Industri UMS.

Raya, D.P. 2004. Evaluasi Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Produk Almari dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD). Surakarta: Teknik Industri UMS.

Sallis, E. 2006. Total Quality Manajemen In Education: Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.

Sugiyono. 1994. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sutanto, Y., Singgih, M., Pawitra, T. 2004. Peningkatan Kualitas Layanan di RSUD XX. Surabaya: Teknik Industri Universitas Surabaya.

Umar, H. 1999. Metodologi Penelitian Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wahyu, A. D. 1999. Manajemen Kualitas. Yogyakarta: Universitas Atmajaya.

Yamit, Z. 2001. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonesia.

Article Metrics

Abstract view(s): 2953 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 3109 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.