PENENTUAN WAKTU PERAWATAN UNTUK PENCEGAHANPADA KOMPONEN KRITIS CYCLONE FEED PUMP BERDASARKAN KRITERIA MINIMASI DOWN TIME

Siti Nandiroh(1*), Indah Pratiwi(2), Hesthi Widodo(3),

(1) Jurusan Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Jurusan Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Jurusan Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v5i1.1593

Abstract

Sistem perawatan mesin yang dilakukan di PT. Newmont Nusa Tenggara, selama ini masih bersifat korektif yaitu perawatan setelah terjadi kerusakan. Kerusakan komponen ini biasanya akan ditandai dengan ditemukannya produk yang dihasilkan tidak sedikit mengalami kecacatan. Peranan perawatan terhadap komponen-komponen Cyclone Feed Pump pada Process Departement - PT.Newmont Nusa Tenggara sangat penting artinya untuk mencegah terjadinya kecacatan produk masal dan mencegah terjadinya down time produksi. Dan perawatan yang paling baik digunakan adalah perawatan pencegahan sebelum terjadinya kerusakan (preventive maintenance). Mesin kritis adalah mesin yang mengalami frekwensi kerusakan terbesar dengan total downtime terbesar. Untuk penentuan mesin kritis ini, langkah pertama yang dilakukan adalah dengan mengukur lamanya waktu downtime produksi dari tiap-tiap mesin yang ada. Perhitungan MTTR berdasarkan data downtime, yang sebelumnya juga dilakukan uji kecocokan distribusi dan hasilnya sesuai, Dengan melakukan perhitungan Mean Time To Repair dan Mean Time To Failure dapat diketahui rata-rata waktu berapa lama pompa beroperasi dan berapa lama pompa tersebut dapat dilakukan perbaikan serta dapat diketahui Reliability pada Cyclone Feed Pump 2.0.1. Setelah dilakukkan perhitungan, komponen kritis Discharge Pipe pada Cyclone Feed Pump 2.0.1 harus sudah dilakukan inspeksi preventif, karena telah beroperasi 664.8 jam, dan perbaikan yang harus lakukan maksimal 3.4997 jam setiap kali dilakukan shutdown.

Keywords

maintenance; reliability; komponen; mesin

References

Dhillon, B.S.; Hans R. 1985. Reliabilty and Maintainability Management. New York: Van Nostrand Reinhold Company Inc.

Nakajima, Seiichi. 1988. Introdusction to Total Productive Maintenance. Cambridge, Massachusetts: Productivity Press, Inc.

Smith, David J. 1993. Reliability Maintainability and Risk, Practical Methods for Engineer, 4th edition. Jordan Hill, Oxpord: Linarce House.

Walpole, R.E.; Mayers, R.H. 1986. Ilmu Peluang dan Statistika Untuk Insinyur dan Ilmuwan, (Terjemahan). Bandung: ITB.

Article Metrics

Abstract view(s): 1195 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 1431 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.