Penentuan Posisi dan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Firma Sidodadi [Studi Kasus di Kawasan Industri Logam Klaten)

Suranto Suranto(1*), Agus Yulianto(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v1i3.3338

Abstract

Penelilian  clikawasan  indusrri  pengecoran  logam Klatett  ini, memberikan masukan bagi posisi perusahaan Firma Sidodadi  (FS) menghodapi  persaingan, dalom menghasilkan  produk logam, sehingga manajemen  Firma Sidodadi  dapat mempersiapkan  strategi  yang  aktif bagi kelangsungan hidup perusahaan.  Perusahaan Firma Sidodadi  mempunyai  pesaing  terdekat yaitu Bonjor  Jaya  (BJ), Inti Baja  (lB) dan Solo Casting  (SC). Berdasarkan analisis rnatrik Boston Consulting  Group.  perusahaan  Firma  Sidodadi  berada pada  posisi Dogs,  dimana  pangsa pasar produk rendah  dan pertumbuhan  posar rendah.  CV Bonjor Jaya poda posisi Stars, pertumbuhan dan pangsa pasar  tinggi  dengan pesaing cukup  tinggi. CV Inti Bajo dan CV Solo Casting berada pada posisi Question Mark,  dimana perturnbuhan  pasar relatif  tinggi dan posisi  persaingan relatif rendah sehingga perusahaan  dapat menciptakan  kiat untuk menjadi market  leader. Berdasarkan  hasil analisis matrik SWOT  dan diagram  hubungan, perusahaan Firma Sidodadi sedini mungkin,  harus mempersiapkan  kemampuan  yang dimiliki,  baik  faktor internal  dan  faktor eksternal, berupa ; peningkatan  kegiatan promosi dan segmentasi  pasar,  peningkatan kerjasama dengan para  kolega, pengembangan keanekaragaman produk, penciptaan  kualitas  produksi. Pelayanan  yang  optimal  pada pelanggan,  dan peningkatan  kerjasama dengan  pesaing.

Keywords

Persaingan; Diagram Hubungan; Boston Consulting Group; Matrik SWOT

Full Text:

PDF

References

Bennet. 1998. Marketing, lnternational Edition, New york, Mc Graw HiII.

Karno, Bennedictrrs. 2000. Manajemen Strategis. UpT Unika. Soegijopranoto, Semarang.

Kartajaya. Hermawan. 1998. Marketing Plus 2000. “Siasat Memenangkan Persaingan Global" [penyunting, Taufik & A. Hartonol. PT Gramedia Pustaka Utama, Mark plus Profesional Service, Harian Bisnis Indonesia. Jakarta.

Kottler, Philip. 1995. Manaiemen Pemasaran : Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Edisi Indonesia, Buku Satu, Salemba Empat, Jakarta.

Rangkuti. Freddy. 2001. Analisis SWOT Teknik Membedah Brszrs, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Swastha. Basu dan lrawan. 1990. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua. Liberty. Yogyakarta.

Syakur. El Syamah. 2002. Penentuan Strategi Pemasaran DiPengrajin Tenun ATBM UD Uspana Pekolongan Skripsi TI. UMS. Surakarta.

Team LPPU. 1995. Profil Industri Cor Logam Batur. Lembaga pengkajian dan Pengembangan

Ummat. Jl. Cisanggiri tI. Kav 69. Kebayoran Baru. Jakarta.

'Ijiptono, Fandy. 1995. Strategi Pemasaran. Andi Offset, Yogyakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 1798 time(s)
PDF: 1678 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.