Analisis Kepuasan Konsumen Dengan Skala Guttman (Kasus Pengguna Motor Sanex Jenis Bebek di Kecamatan Juwiring)

Suranto Suranto(1*), Muhammad Musrofi(2), Agung Widodo(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v3i2.3368

Abstract

Tujuan   dalam   penelitian     ini  adalah   mengidentifikasi     dan   mengetahui     tanggapan    sikap kepuasan    konsumen    terhadap   kondisi   motor  Sanex  serta  membuktikan     opini  masyarakat apakah    benar,   motor   Sanex   tidak   handal.   Metode    yang   digunakan    angket,    observasi. dokumentasi,      studi    pus taka    dan    wawancara.     !vietode    analisis     butir    angket    yang digunakan     adalah    validitas    dan   reliabilitas.    Analisis    kepuasan    dengan    menggunakan skala   guttman,    yaitu   metode   scalogram    atau  analisa   skala   (scale  analisis)   sangat    baik untuk   meyakinkan    peneliti    tentang   kesatuan   dimensi   dari  sikap   atau  sifat  yang   diteliti, yang  disebut   isi universal    (universe   ofcontent)    atau  atribut  universal   (universe   attribute). Berdasarkan    hasil  penelitian    dari  J 5 butir  angket   dan  37  responden    (populasi),    obyek  di kecamatan    Juwiring    Klaten,   bahwa  dinyatakan    J 3 butir  valid  dan  reliabel. Berdasarkan analisis    atribut   yang   dianggap    penting    oleh  para    responden    sesuai   prioritas     adalah kelengkapan    produk    8.05%,   kenyamanan     7.74%,   daya   tahan   7.14%.  akselerasi     7.35%. responsivitas     7.91%,  performa    produk 7.98%.      design  produk 7.42%.     speare  paris   7.14%, harga   beli  8.68%.   harga  puma   jual   7.35%.  mengikuti    ternd   7.63%.   wama    7.28%.     dan iril bahan   bakar  8.33%.   Terdapat   5 atribut  yang  masuk  dalam  kategori   sikap  sangat  puas yaitu   kelengkapan    produk,    responsivitas,    performa   produk, harga   beli,  irit  bahan   bakar. Sedangkan    untuk  atribut   yang   masuk   da/am  kategori   sikap  puas   ada  delapan   ( 8 ) yaitu kenyamanan,     daya   tahan,   akselerasi,    design   produk,    speare   parts,    harga   puma    jual, mengikuti     trend   dan   warna.   Dari   hasil   penelitian     tentang    sikap   kepuasan    pengguna motor   Sanex   di  daerah   Juwiring    Klaten   dapat   ditarik   kesimpulan     bahwa  persepsi    a/au opini   masyarakat     bahwa   motor   Sanex   tidak  handal   tidak   terbukti,   dalam   artian   bahwa motor  Sanex  mempunyai    beberapa   kelebihan   dan  mempunyai    beberapa   kekurangan.

Keywords

Kepuasan pengguna; motor sanex; skala guttman

Full Text:

PDF

References

Hadi Sutrisno, 1991, Analise Butir untuk Instrumen Angket, Tes, Skala Nilai dengan Basica, Penerbit, Andi Offset Yogyakarta.

Nasir Moh, 1988, Metode Penelitian, Penerbit Ghalia Indonesia

Nurnaningsih Triwik, 2004, Penerapan Metode QFD Dalam Mengembangkan Produk Kursi Makan di UD Wijaya Kusuma, Tugas Akhir, UMS

Prayitno Tino, 2003, Analisa Perancangan dan Pengembangun Produk Meja Setrika Dengan Metode QFD Ditinjau dari Aspek Ergonomis.Tugas Akhir, UMS

Widodo, Agung. 2004. Analisis Sikap Kepuasan Pengguna Motor Sanek Jenis Bebek Dengan Skala Guttman Di Kecamatan Juwiring Klaten. Skripsi, Teknik Industri UMS

Zulian Yam it, 200], Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Penerbit Ekonisia Y ogyakarta

Article Metrics

Abstract view(s): 8838 time(s)
PDF: 16534 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.