Analisis Kepuasan Konsumen Dengan Skala Guttman (Kasus Pengguna Motor Sanex Jenis Bebek di Kecamatan Juwiring)
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v3i2.3368
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mengetahui tanggapan sikap kepuasan konsumen terhadap kondisi motor Sanex serta membuktikan opini masyarakat apakah benar, motor Sanex tidak handal. Metode yang digunakan angket, observasi. dokumentasi, studi pus taka dan wawancara. !vietode analisis butir angket yang digunakan adalah validitas dan reliabilitas. Analisis kepuasan dengan menggunakan skala guttman, yaitu metode scalogram atau analisa skala (scale analisis) sangat baik untuk meyakinkan peneliti tentang kesatuan dimensi dari sikap atau sifat yang diteliti, yang disebut isi universal (universe ofcontent) atau atribut universal (universe attribute). Berdasarkan hasil penelitian dari J 5 butir angket dan 37 responden (populasi), obyek di kecamatan Juwiring Klaten, bahwa dinyatakan J 3 butir valid dan reliabel. Berdasarkan analisis atribut yang dianggap penting oleh para responden sesuai prioritas adalah kelengkapan produk 8.05%, kenyamanan 7.74%, daya tahan 7.14%. akselerasi 7.35%. responsivitas 7.91%, performa produk 7.98%. design produk 7.42%. speare paris 7.14%, harga beli 8.68%. harga puma jual 7.35%. mengikuti ternd 7.63%. wama 7.28%. dan iril bahan bakar 8.33%. Terdapat 5 atribut yang masuk dalam kategori sikap sangat puas yaitu kelengkapan produk, responsivitas, performa produk, harga beli, irit bahan bakar. Sedangkan untuk atribut yang masuk da/am kategori sikap puas ada delapan ( 8 ) yaitu kenyamanan, daya tahan, akselerasi, design produk, speare parts, harga puma jual, mengikuti trend dan warna. Dari hasil penelitian tentang sikap kepuasan pengguna motor Sanex di daerah Juwiring Klaten dapat ditarik kesimpulan bahwa persepsi a/au opini masyarakat bahwa motor Sanex tidak handal tidak terbukti, dalam artian bahwa motor Sanex mempunyai beberapa kelebihan dan mempunyai beberapa kekurangan.
Keywords
Kepuasan pengguna; motor sanex; skala guttman
Full Text:
PDFReferences
Hadi Sutrisno, 1991, Analise Butir untuk Instrumen Angket, Tes, Skala Nilai dengan Basica, Penerbit, Andi Offset Yogyakarta.
Nasir Moh, 1988, Metode Penelitian, Penerbit Ghalia Indonesia
Nurnaningsih Triwik, 2004, Penerapan Metode QFD Dalam Mengembangkan Produk Kursi Makan di UD Wijaya Kusuma, Tugas Akhir, UMS
Prayitno Tino, 2003, Analisa Perancangan dan Pengembangun Produk Meja Setrika Dengan Metode QFD Ditinjau dari Aspek Ergonomis.Tugas Akhir, UMS
Widodo, Agung. 2004. Analisis Sikap Kepuasan Pengguna Motor Sanek Jenis Bebek Dengan Skala Guttman Di Kecamatan Juwiring Klaten. Skripsi, Teknik Industri UMS
Zulian Yam it, 200], Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Penerbit Ekonisia Y ogyakarta
Article Metrics
Abstract view(s): 8838 time(s)PDF: 16534 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.