RANCANGAN WORKFORCE SCORECARD UNTUK PELAYANAN PENERBANGAN CARGO

Tiena Gustina Amran(1*), Thedy Indrawan(2),

(1) Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Trisakti, Jl. Kyai Tapa No. 1, Grogol, Jakarta Barat 11440
(2) Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Trisakti, Jl. Kyai Tapa No. 1, Grogol, Jakarta Barat 11440
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v13i1.378

Abstract

Persaingan antar pelaku bisnis semakin ketat dalam era globalisasi yang menuntut perusahan untuk dinamis dan adaptif terhadap perubahan lingkungan bisnis. Perubahan kearah strategi yang dapat diimplementasikan sesuai dengan perkembangan pasar memerlukan system kendali yang seimbang dalam perspektif  finansial, pelanggan, proses bisnis dan pertumbuhan learning and growth yaitu dalam Balanced Scorecard. Dalam perspektif learning and growth merupakan hal mendasar untuk diperhatikan sebagai kontribusi sumber daya manusia dalam implementasi strategi. Workforce Scorecard dirancang untuk keperluan sebagai sebuah alat pengukuran yang lebih mendalam untuk memastikan terpenuhinya perspektif tersebut. Terdapat empat perspektif yang digunakan sebagai indicator yaitu kesuksesan pekerja, kepemimpinan dan perilaku, kompetensi, serta pola fikir dan budaya. Penelitian aplikatif tahap pertama  analisa dan matriks SWOT untuk perancangan Balanced Scorecard.  Dari hasil perpektif learning and growth dirumuskan Workforce Scorecard dan dilakukan klasifikasi penentuan tenaga kerja di posisi “A”. Kinerja yang dihasilkan adalah 77.52%  dan harus ditingkatkan pelayanan maksimal kepada pelanggan.

Keywords

SWOT; Balanced Scorecard; Workforce Scorecard; performance measurements

Full Text:

PDF

References

David, Fred R. 2004, Strategic Management (Manajemen Strategis). PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.

Huselid, Mark A.; Becker, Brian E.; dan Beatty, Richard W. 2005. The Workforce Scorecard: Managing Human Capital to Excecute Strategy. United States: Harvard Bussiness School Publishing Corporation.

Kaplan, R.; dan Norton, D. 1996. The Balanced Scorecard: Translating Strategy into Action. First edition. United States: Harvard Business School Press.

Mulyadi. 2005. “Alternatif Pemacuan Kinerja Personel dengan Pengelolaan Kinerja Terpadu Berbasis Balanced Scorecard”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Vol.20, No.3.

Rivai, Veithzal. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan (Dari Teori Ke Praktek). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Saaty, Thomas L. 1991. Pengambilan Kebutusan. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Article Metrics

Abstract view(s): 551 time(s)
PDF: 905 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.