OPTIMASI LINI PRODUKSI DENGAN VALUE STREAM MAPPING DAN VALUE STREAM ANALYSIS TOOLS

Yosua Caesar Fernando(1*), Sunday Noya(2),

(1) Jurusan Teknik Industri, Fakultas Sains and Technology, Universitas Ma Chung, Jalan Villa Puncak Tidar N-01, Malang 65151
(2) Jurusan Teknik Industri, Fakultas Sains and Technology, Universitas Ma Chung, Jalan Villa Puncak Tidar N-01, Malang 65151
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v13i2.630

Abstract

Meminimalkan pemborosan dalam proses produksi adalah salah satu tujuan dari suatu perusahaan. Lean adalah metode yang dapat meminimalkan pemborosan dalam proses produksi. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan untuk meminimalkan limbah di PT. Bonindo Abadi adalah Value Stream Analysis Tools (VALSAT) dan Value Stream Mapping (VSM). VSM digunakan untuk melihat kondisi peta keadaan pada perusahaan. Pengurangan pemborosan dilakukan dengan menggunakan salah satu alat dari VALSAT yaitu Process Activity Mapping (PAM). Jumlah non value added (NVA) yang ditemukan dalam proses produksi PT. X adalah 90,17% diikuti oleh necessary but non value added (NNVA) dengan jumlah 9,79% dan value added (VA) sebesar 0,04%. Usulan perbaikan yang diberikan adalah dengan mengurangi jumlah waktu aktivitas NVA atau menghilangkannya.

Keywords

lean manufacturing; value stream mapping; value stream analysis tools; pemborosan

References

Womack, J.; Jones, D.; Roos, D. 1991. The Machine That Change the World: The Story of Lean Production. New York: Harper Perennial.

Rother, M.; Shook, Joo. 1998. Learning to See: Value Stream Mapping to Create Value and Eliminate Muda. Massachusetts: The Lean Enterprise Institute.

Hines, P.; Rich, N. 1997. “The Seven Value Stream Mapping Tools”. International Journal of Operations & Production Management. Vol. 17 (1), pp. 46-64.

Article Metrics

Abstract view(s): 4614 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 11726 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.