PERUMUSAN STRATEGI PERUSAHAAN BERDASARKAN COMPETITIVE ADVANTAGE
(1) Jurusan Teknik Industri, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Jl. Prof. Dr. Soepomo, Janturan, Umbul Harjo, Yogyakarta 55164
(2) Jurusan Teknik Industri, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Jl. Prof. Dr. Soepomo, Janturan, Umbul Harjo, Yogyakarta 55164
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v11i2.868
Abstract
Perusahaan Tenun Ikat Lestari Indah adalah perusahaan pembuatan kain dengan alat tenun bukan mesin. Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan menghadapi berbagai kendala, diantaranya daya beli masyarakat menurun akibat situasi perekonomian yang tidak menentu serta persaingan harga yang tidak sehat antar pengrajin. Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi perusahaan sesuai dengan kondisi internal dan eksternal perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT, I-E (Internal-External), dan QSPM (Quantitative Strategy Planning Matrix). Hasil penelitian menunjukkan posisi bisnis perusahaan berada pada posisi pertumbuhan, sehingga strategi yang dirumuskan adalah menghindari kehilangan profit dan penjualan. Dari hasil analisis QSPM (Quantitative Strategy Planning Matrix) diketahui strategi yang terpilih untuk strategi jangka pendek adalah menjalin hubungan baik dengan konsumen tetap , strategi jangka pendek-menengah adalah menjalin kerjasama dengan biro-biro perjalanan wisata, strategi jangka menengah adalah menetapkan tingkatan harga sesuai kualitas dan desain, dan strategi jangka panjang adalah memperluas jaringan pemasaran di dalam dan luar negeri.
Keywords
SWOT; I-E (Internal-External) matrix; QSPM (Quantitative Strategy Planning Matrix)
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
David, F.R. 2006. Strategic Management. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Gazpers, V. 2003. Total Quality Management. PT. Gramedia Pustaka Utama,
Jakarta.
Manan, A. 2008. Analisis Perencanaan Strategis Terhadap Keunggulan Kompetitif Perusahaan. Yogyakarta.
Rangkuti, F. 2002. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Suyono, B. 2005. Perencanaan Strategi untuk Meningkatkan Daya Saing di P.T. Pancamas Elite Karanglo Malang,” http:/www.ekofeum.or.id
Umar, H. 2005. Strategic Management in Action. PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Article Metrics
Abstract view(s): 3094 time(s)PDF (Bahasa Indonesia): 8995 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.