Perilaku Caring Perawat t erhadap Kecemasan Hospitalisasi Anak Usia Pra Sekolah (2 6 Tahun)

Rasman Shaleh Pitun(1), Gani Apriningtyas Budiyati(2*)

(1) STIKes Surya Global, Ringroad Selatan, Blado, Potorono, Bantul, Yogyakarta, Indonesia
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Caring merupakan nilai moral keperawatan berdasarkan nilai kemanusiaan dan mendahulukan kesejahteraan orang lain khususnya pada anak yang menjalani perawatan dan keluarganya. Sehingga Perilaku caring yang seharusnya dilakukan oleh perawat untuk mengurangi tingkat kecemasan pada anak prasekolah saat menjalani hospitalisasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui adanya hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kecemasan anak usia pra sekolah yang mengalami hospitalisasi di bangsal Anggrek Rumah Sakit Panembahan Senopati Bantul. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif (non eksperiment). Rancangan penelitian menggunakan deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien anak pra sekolah yang mengalami hospitalisasi di bangsal anggrek rsud panembahan Bantul. Metode pengambilan sampel menggunakan acidentall sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 pasien. Analisa data ini menggunakan uji kendall’s Tau. Hasil uji kendall tau pada penelitian ini menunjukkan hasil (p) < 0,005 yaitu p value sebesar 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara Caring perawat dengan kecemasan hospitalisasi anak usia pra sekolah di bangsal anggrek Rumah Sakit panembahan Bantul.

Keywords

Caring, Hospitalisasi dan Kecemasan

Full Text:

PDF

References

Birawan, I.W.A. (2012). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Rawat Inap di Ruang Anggrek RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro. Klaten. Skiripsi. STIKes Surya Global Yogyakarta.

Charismawan, N. (2104). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kecemasan Akibat Hospitaliusassi Pada Anak Usia Sekolah ( 6 -12 ) Di Ruang Anak RSUD Panembahan Senopati Bantul, Skiripsi, STIKes Surya Global Yogyakarta.

Dwidiyanti, M. (2010). Caring Kunci Sukses Perawat Mengamalkan Ilmu. Semarang: Hapsari.

Effendy, O. U. (2007). Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktek). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hidayati & Nurlaila. (2013). Hubungan Perilaku Caring Perswat Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Suearakarta, Jurnal, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hidayat, A. A. A. (2013). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak, Buku 1. Jakarta: Selemba Medika.

Rahmawati. (2014). Hubungan Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap RSU Bina Kasih Ambarawa, Skiripsi STIKes Surya Global Yogyakarta.

Riwidikdo, H. (2012). Statistik Kesehatan Belajar Mudah Tekhnik Analisa Data Dalam Penelitian Kesehatan. Yogyakarta. Mitra Cendikia Press

Ratih, N. (2012). Hubungan Tingkat Kecemasan Terhadap Koping Dalam Menghadapi Ujian. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susenas. (2010). Angka Kesakitan (Morbidity Rate) Anak-anak Umur 0-21 Tahun.http://www.ykai.net/index.php?option=com_content&view=article&id=145:angka-kesakitan-morbidity-rate-anak-anak-umur-0-21-tahun &catid = 105:tabel & Itemid=119 [Diakses pada 10 Oktober 2014].

Untari, I dan Rohmawati. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Pada Usia Pertengahan Dalam Menghadapi Proses Menua (Aging Process).Surakarta. STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta

Yusuf, Syamsu. (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Article Metrics

Abstract view(s): 918 time(s)
PDF: 2572 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.