DAMPAK PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE JKN TERHADAP PELAYANAN BPJS

suhadi suhadi(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Saat ini teknologi informasi digitalisasi semakin cepat berkembang. Dampak kemajuan tersebut memaksa para penyedia pelayanan public mengubah metode kerja dari pelayanan yang bersifat manual kepelayanan yang bersifat automatic dengan memanfaatkan system digitalisasi. Dengan Hadirnya teknologi informasi akan memudahkan pelayanan sektor kesehatan termasuk pelayanan BPJS. Tujuan penelitian untuk mengetahui dampak penggunaan Aplikasi Mobile JKN Terhadap Pelayanan Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Kota Kendari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Informan adalah peserta JKN sebanyak 3 orang dan petugas BPJS sebanyak 2 Orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada dampak penggunaan aplikasi Mobile JKN bagi peserta yaitu peserta dapat memperoleh kemudahan dalam hal akses pelayanan JKN tanpa harus datang ke kantor BPJS, mengurangi biaya pengeluaran transportasi, menghemat waktu pelayanan, mengurangi antrian pelayanan, mengurangi jarak ketempat pelayanan dan mempercepat waktu pelayanan JKN. Kesimpulan; Dampak penggunaan aplikasi Mobile JKN bagi peserta adalah kemudahan akses pelayanan, mengurangi biaya pengeluaran transportasi, menghemat waktu pelayanan, mengurangi antrian pelayanan, mengurangi jarak pelayanan dan mempercepat waktu pelayanan JKN.

Keywords

BPJS, Mobile JKN, Dampak, Pelayanan

References

Arnomo, Sasa Ani. 2003. “Pengaruh Teknologi Informasi Dan Kemampuan Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Masyarakat Pada Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian Dan Kehutanan (Dkp2k) Kota Batam.” CBIS Journal 1: 147–65.

BPJS, RI. 2017. Mobile JKN : Menjawab Kebutuhan Peserta Di Era Digital. Jakarta: Sekretariat Jendral.

———. 2018. Panduan Manual Verifikasi Klaim INA-CBG. Edisi 1. Jakarta: Sekretariat Jampelkes.

Consuelo, Dkk Sevilia. 1993. Pengantar Metode Penelitian (Anintroduktion To Reserch Methods), Terjemahan Ali Muddin Tuwu. Jakarta: UI Press.

Fadhila, Rizka, and Tuti Afriani. 2020. “Penerapan Telenursing Dalam Pelayanan Kesehatan : Literature Review.” Jurnal Keperawatan Abdurrab 3(2): 77–84.

Geovannie, Himawan Lufthi, Kertahadi, and Rizki Yudhi Dewantara. 2016. “Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Kesesuaian Tugas – Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Individual Instansi Pemerintahan (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan).” Jurnal Perpajakan 8(June): 1–8.

Hidayati, Ika Rahma, and Nanis Susanti. 2018. “Pengaruh Kepercayaan Pelanggan, Kualitas Pelayanan Elektronik, Dan Promosi Pada Aplikasi Pln Mobile Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. PLN Distribusi Jawa Timur Di Surabaya.” Jurnal Ekonomi Manajemen Volume 3,: 75 – 104.

Himmah, Tsania Nahdiatul, Dyah Sitoresmi, and Fitri Azisi. 2019. “Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Layanan Perpustakaan Iain Tulungagung.” BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi 3: 123–30.

Jamsos, JKN, Indonesia. 2020. “Pusat Informasi JKN.” http://jkn.jamsosindonesia.com/jkn/detail/apa-makna-jkn-bagi-anda#.X3kWle18rIU: 1–2.

Leonita, Emy, and Nizwardi Jalinus. 2018. “Peran Media Sosial Dalam Upaya Promosi Kesehatan : Tinjauan Literatur.” Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi 18(2): 25–34.

Munir. 2017. “Dampak Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Dunia Pendidikan Di Indonesia.” http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/196603252001121-MUNIR/Artikel_TIK/Dampak_Teknologi_Informasi_dan_Komunikasi_dalam_Pendidikan.pdf: 1–13.

Nofianti, Maria. 2020. “Layanan Masyarakat Di Era Digital.” https://www.cekaja.com/produk-asuransi/news/171847-manfaat-klik-mobile-jkn-dan-fitur-fiturnya.html.

Nopiana, Puspita Rama, and Erni Yanti Natalia. 2018. “Analisis Sosialisasi Pajak Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kepatuhan Pelaporan Spt Wajib Pajak Di Kepulauan Riau.” Jurnal Benefita 3(2): 277–90.

Paonganan, Herlina Werianty. 2014. “Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Layanan Pemustaka Pada Badan Perpustakaan Dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara.” JUPITER 2(2): 11–22.

Probowulan, Diyah. 2016. “Dampak Teknologi Informasi Dan Sumber Daya Manusia Terhadap Penerapan E-Government Sebagai Bentuk Pelayanan Publik.” Jurnal Balance XIII(1): 86–94.

Rumambi, Frendy Rocky, Salahudin Robo, and Citra Amalia. 2020. “Identifikasi Dampak Penggunaan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) Terhadap Pelayanan Kesehatan Menggunakan Hot-Fit Model 2006.” Jurnal Media Informatika Budidarma 4(1): 216.

Sugiyono, 2016. “Metode Penelitian.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.

Susanti, Deffy. 2018. “Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Pelayanan Mahasiswa.” INFOTECH journal 4: 38–43.

Usman, WS. 2017. “Panduan Lengkap Aplikasi Bpjs Kesehatan [Mobile JKN-KIS].” https://kursuskomputergratis.com/panduan-aplikasi-mobile-jkn-kis/.

Wulandari, Ayu. 2019. “Inovasi Bpjs Kesehatan Dalam Pemeberian Layanan Kepada Masyarakat : Aplikasi Mobile Jkn Innovation of Health Bpjs in Giving Services To the Community : Jkn Mobile Applications.” 5(2).

Zainul, Zaida Rizqi, and Yunda Zakia. 2020. “Pengaruh Teknologi Informasi , Kualitas Pelayanan , Dan Motif Religius Terhadap Kepuasan Nasabah PT . Bank Syariah.” Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam 8(1): 83–96.

Zulfah, Siti. 2016. “Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Lingkungan ( Studi Kasus Kelurahan Siti Rejo I Medan ).” Teknologi Informasi 8(3).

Article Metrics

Abstract view(s): 2812 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 3446 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.