Hubungan Kemampuan Fungsi Motorik Anak Terhadap Kemampuan Komunikasi Anak Usia 2 Tahun

Adnan Faris Naufal(1*), Savilla Dara Ardiani(2)

(1) Department of Physiotherapy, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Department of Physiotherapy, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan Penelitian: Untuk Mengetahui hubungan kemampuan fungsi motorik anak terhadap kemampuan komunikasi anak usia 2 tahun.

Metode: Jenis penelitian ini menggunakan studi korelasi dengan pendekatan cross sectional study. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Jumlah subjek dari penelitian ini 40 anak di rentang usia 18-35 bulan.

Hasil Utama: analisis data menggunakan uji normalitas dengan metode kolmogorof smirnov, didapatkan hasil 0,000 yang berarti data terdistribusi tidak normal. Uji hubungan antara variabel X dan Y menggunakan Uji korelasi spearman rho, didapatkan hasil korelasi 0,914, yang berarti korelasi yang sangat kuat antara kemampuan fungsi motorik anak terhadap kemampuan  komunikasi pada anak usia 2 tahun.

Simpulan Utama: Ada Hubungan Kemampuan Fungsi Motorik Anak Terhadap Kemampuan Komunikasi Anak Usia 2 Tahun

Full Text:

PDF

References

Adelia, D. D. (2018). Perkembangan

Motorik Kasar Dan Motorik Halus Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Istiqomah Lowokwaru Kota Malang. 31–39.

Black, L. I., Vahratian, A., & Hoffman, H. J. (2015). Communication Disorders and Use of Intervention Services Among Children Aged 3-17 Years: United States, 2012. NCHS Data Brief, (205), 1–8.

Bornstein, M. H., Cote, L. R., Haynes, O. M., Hahn, C. S., & Park, Y. (2010). Parenting knowledge: Experiential and sociodemographic factors in European American Mothers of Young Children. Developmental Psychology, 46(6), 1677–1693. https://doi.org/10.1037/a0020677

Butchon, R., & Liabsuetrakul, T. (2017). Journal of Child & Adolescent Behavior The Development and Growth of Children Aged under 5 years in Northeastern Thailand : a Cross-Sectional Study. 5(1), 1–6. https://doi.org/10.4172/2375-4494.1000334

Cole, T. J. (2012). The development of growth references and growth charts. Annals of Human Biology, 39(5), 382–394. https://doi.org/10.3109/03014460.2012.694475

Dinas Kesehatan Jawa Tengah. (2013). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2013. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, 1–253.

Iverson, J. M. (2010). Developing language in a developing body: the relationship between motor development and language development. NIH Public Access, 37(2), 1–25. https://doi.org/10.1017/S0305000909990432.Developing

Khadijah, S., & Naufal, A. F. (2020). Hubungan Cerebral Palsy Spastik dengan Flexion Posture. FISIO MU: Physiotherapy Evidences, 1(2), 54-58.

Luthfiyani, L., & Widodo, A. (2021). Activity Prone Position Untuk Respirasi Pada Anak Guillain Barre Syndrome. FISIO MU: Physiotherapy Evidences, 2(1), 54-58.

Naufal, A. F. (2022). Postur Abnormal dan Keseimbangan Pada Anak: Literature Study. FISIO MU: Physiotherapy Evidences, 3(2), 113-119.

Probosiwi, H., Huriyati, E., & Ismail, D. (2017). Stunting dan perkembangan anak usia 12-60 bulan di Kalasan. Berita Kedokteran Masyarakat, 33(11), 559. https://doi.org/10.22146/bkm.26550

Sawyer, B. E., Manz, P. H., & Martin, K. A. (2017). Supporting preschool dual language learners: parents’ and teachers’ beliefs about language development and collaboration. Early Child Development and Care, 187(3–4), 707–726. https://doi.org/10.1080/03004430.2016.1163548

Susilo, J. D. (2016). Komunikasi Ibu dan Anak Serta Tingkat Pendidikan Ibu Dalam Memprediksi Kesiapan Bersekolah Anak Taman Kanak-Kanak. Retrieved from http://repository.wima.ac.id/id/eprint/7744

Tucker-Drob, E. M., & Harden, K. P. (2012). Early Childhood Cognitive Development and Parental CognitiveStimulation: Evidence for Reciprocal Gene-EnvironmentTransactions. NIH Public Access, 23(1), 1–7. https://doi.org/10.1111/j.1467-7687.2011.01121.x

Wang, M. V, Lekhal, R., Aaro, L. E., Holte, A., & Schjolberg, S. (2014). The developmental relationship between language and motor performance from 3 to 5 years of age: a prospective longitudinal population study. BMC Psychology, 2(1). https://doi.org/10.1186/s40359-014-0034-3

Zambrana, I. M., Ystrom, E., Schjølberg, S., & Pons, F. (2012). Action Imitation at 1 ½ Years is Better Than Pointing Gesture inPredicting Late Development of Language Production at 3 Yearsof Age. HHS Public Access, 23(1), 1–21. https://doi.org/10.1038/jid.2014.371

Article Metrics

Abstract view(s): 401 time(s)
PDF: 621 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.