Efektivitas Penggunaan Media Booklet terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang pada Ibu Balita Gizi Kurang di Kelurahan Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta

Yessie Finandita Pratiwi(1*), Dyah Intan Puspitasari(2)

(1) Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media booklet terhadap pengetahuan gizi seimbang pada ibu balita gizi kurang. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest with control group. Penelitian dilakukan terhadap 60 ibu balita, yang dibagi menjadi 30 ibu balita pada kelompok eskperimen dan 30 ibu balita pada kelompok kontrol. Pengetahuan dinilai dari hasil pretest dan posttest. Kelompok eksperimen diberikan metode ceramah dengan menggunakan media booklet. Kelompok kontrol diberikan metode ceramah tanpa menggunakan media booklet. Hasil uji wilcoxon signed rank test bahwa pengetahuan gizi awal dan akhir pada kelompok kontrol terdapat perbedaan yang signifikan (p=0,000), pada kelompok eksperimen pengetahuan gizi awal dan akhir memiliki perbedaan yang signifikan (p=0,000). Hasil uji independent t-test tidak terdapat peningkatan yang bermakna pada selisih nilai pengetahuan gizi seimbang pada kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen (p=0,114). Secara statistik, tidak terdapat efektivitas dalam penggunaan media booklet  terhadap pengetahuan gizi seimbang pada ibu balita gizi kurang tetapi terdapat peningkatan nilai rata-rata 4,8 pada kelompok eksperimen.

Keywords

Ibu balita gizi kurang; media booklet; pendidikan gizi; pengetahuan gizi seimbang

Full Text:

PDF

References

Apriani, Arista., 2013, Perbedaan Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Ceramah Dibandingkan Booklet terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Deteksi Dini Kanker Payudara pada Wanita Usia Subur di Kabupaten Magetan Jawa Timur, Tesis, Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Asransyah., 2016, Hubungan Lama Pendidikan dan Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Seimbang Dengan Perilaku Pemberian Makan Anak Balita di Puskesmas Gilingan Surakarta, Skripsi, Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Astuti, Ratna Arditya Tri., 2015, Efektivitas Penggunaan Media Komik terhadap Peningkatan Pengetahuan Gizi dan Daya Terima pada Remaja Putri, Skripsi, Program Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Banu, Bilkis, Khurshida Khanom., 2012, Effects of Education Level of Father and Mother on Perceptions of Breastfeeding, Dhaka, J Enam Med Col Vol 2 No 2.

Berihu, Amanuel, Gerez Giher Buruh Abera, Hailemariam Berhe, Kalayou Kidanu., 2013, Mother’s Knowlegde on Nutritional Requirement of Infant and Young Child Feeding in Mekelle, Ethiopia, Cross Sectional Study, USA, Global Journals Inc.

Budioro, B., 2007, Pengantar Pendidikan (Penyuluhan) Kesehatan Masyarakat edisi 2. Universitas Diponegoro, Semarang.

Cahyono, Surastomo Budi., 2015, Peningkatan Pengetahuan Siswa tentang Anemia Setelah Mendapatkan Pendidikan Gizi dengan Media Video Animasi, Skripsi, Program Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia., 2009, Profil Kesehatan 2008. http://www.depkes.go.id, diakses 20 November 2016.

Fernandes, Philomena, Shiney Paul, Savitha B., 2013, Effectiveness of an Information Booklet on Knowledge Among Staff Nurses Regarding Prevention and Management of Perineal Tear During Normal Delivery, Nitte University Journal of Health Science, Mangalore.

Hartono, Nur Pratiwi, Catur Saptaning Wilujeng, Sri Andarini., 2015, Pendidikan Gizi tentang Pengetahuan Pemilihan Jajanan Sehat antara Metode Ceramah dengan Metode Komik, Indonesian Jurnal of Human Nutrition, Malang.

Hidayati, Wiji, Sri Purnami., 2008, Psikologi Perkembangan, Teras, Yogyakarta.

Khomsan, Ali., 2000, Teknik Pengukuran Pengetahuan Gizi (diktat), Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Kodyat, Benny A., 2014, Pedoman Gizi Seimbang 2014. Permenkes RI No. 41 Tahun 2014, Yogyakarta.

Kusumaningtyas, Dyah Ambarini., 2011, Pengaruh Penyuluhan Gizi terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Mengenai Pemberian Makanan Tambahan yang Biak untuk Balita, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Ma’munah, Malikatul., 2015, Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Booklet terhadap Pengetahuan Ibu Laktasi di Wilayah Kerja Puskesmas Ciputat Timur, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo., 2007, Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni, Rineka Cipta, Jakarta.

Nurfathiyah, Pera., 2014, Pengaruh Penggunaan Ilustrasi dan Bahasa pada Media Buklet terhadap Peningkatan Pengetahuan Petani di Kabupaten Muara Jambi, Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Sains, Jambi.

Nursalam, Ferry Efendi., 2008, Pendidikan dalam Keperawatan, Salemba Medika, Jakarta.

Octaviani, Irma Aryati, Ani Margawati., 2012, Hubungan Pengetahuan dan Perilaku Ibu Buruh Pabrik tentang Kadarzi (Keluarg Sadar Gizi) dengan Status Gizi Anak Balita (Studi di Kelurahan Pagersari Ungaran), Journal of Nutrition Collage, Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedoketeran Universitas Diponegoro, Semarang.

Permatasari, Nathalia Yuli Indah., 2008, Hubungan Antara Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan Ibu dari Anak Taman Kanak-kanak terhadap Pemilihan Multivitamin di Kecamatan Laweyan Kota Surakarta, Skripsi, Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Putri, Rona Firmana, Delmi Sulastri, Yuniar Lestari., 2015, Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi Anak Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Nanggalo Padang, Jurnal Kesehatan Andalas, Universitas Andalas Padang, Padang.

Rathore, Chetan Kumar, Arpan Pandya, Ravindra H N., 2014, Effectiveness of Information Booklet on Knowledge Regarding Home Menegement of Selected Common Illness in Children, IOSR Journal of Nursing and Health Science (IOSR-JNHS), e-ISSN: 2320-1959.p-ISSN: 2320-1940 Volume 3, Issue 5 Ver. I (Sep-Oct 2014), PP 80-84.

Riset Kesehatan Dasar., 2013, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.

SA, Yin, Li N, Yan Z Y, Pan L, Lai J Q, Zhao X F., 2009, Effect of Nutritional Education on Improvement of Nutritional Knowledge of Infant’s Mothers in Rural Area in China, National Institute for Nutrition and Food Safety, Chinese Center for Disease Control and Prevention, China.

Setyawati, Vilda Ana Veria, Bambang Agus Herlambang., 2015, Model Edukasi Gizi Berbasis E-booklet untuk Meningkatkan Pengetahuan Gizi Balita, Jurnal Informatika UPGRIS, Semarang.

Suiraoka, I Putu, I Dewa Nyoman Supariasa., 2012, Media Pendidikan Kesehatan. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sumaryati, Ninuk., 2003, Pengaruh Intervensi Booklet Info Anemia Gizi dalam Pencegahan dan Penanggulangan Anemia Gizi terhadap Pengetahuan dan Sikap pada Siswi Sekolah Menengah Umum Kabupaten Demak, Tesis, Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, Semarang.

Supariasa, I Dewa Nyoman., 2012, Pendidikan dan Konsultasi Gizi, EGC, Jakarta.

Veriyal, Nura., 2010, Analisis Pola Asuh Gizi Ibu terhadap Balita Kurang Energi Protein (KEP) yang Mendapat PMT-P di Puskesmas Pagedangan Kabupaten Tangerang Tahun 2010, Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.

Zulaekah, Siti., 2012, Efektivitas Pendidikan Gizi dengan Media Booklet terhadap Pengetahuan Gizi Anak SD, Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Article Metrics

Abstract view(s): 9024 time(s)
PDF: 8824 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.