Pengaruh Pendidikan Gizi Dengan Media Audio Kinestetik (Senam dan Lagu Pesan Gizi Seimbang) terhadap Peningkatan Pengetahuan Gizi Seimbang pada Anak SD Muhammadiyah 4 Kandangsapi Surakarta

Himaa Aliya(1*), Muwakhidah Muwakhidah(2)

(1) Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

SD Muhammadiyah 4 Kandangsapi Surakarta merupakan salah satu sekolah yang masuk dalam persentase pengetahuan kurang yaitu 59% siswa mempunyai pengetahuan kurang mengenai gizi seimbang. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan gizi seimbang adalah melalui pendidikan gizi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh media audio kinestetik terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang pada anak SD Muhammadiyah 4 kandangsapi Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment design dengan rencana one group pretest-posttest. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, jumlah sampel 47 responden. Media yang digunakan dalam penelitian ini berupa media audio kinestetik (senam dan lagu pesan gizi seimbang). Analisis data menggunakan uji Kolmogorof Smirnov dan Uji Wilcoxon sign test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji Wilcoxon sign test mengenai pengetahuan gizi diperoleh nilai p = 0.001, artinya ada pengaruh pendidikan gizi dengan media audio kinestetik terhadap peningkatan pengetahuan siswa. Bagi pihak sekolah sebaiknya media audio kinestetik (senam dan lagu pesan gizi seimbang) dapat diterapkan oleh semua siswa SD Muhammadiyah 4 Kandangsapi Surakarta pada saat melakukan senam pada hari jumat.

Keywords

Media audio kinestetik; pendidikan gizi; pengetahuan gizi

Full Text:

PDF

References

Gold, S.R., Green, L., Kreuter, M.W., 1999, Empowering: Enabling Methods of Planning and Organizing within Everyone Reach: Methods Demonstrated in Relation to Early Detection of Breast Cancer, Jones and Bartlett Publisher, London.

Kamtini dan Husni Wardi Tanjung., 2005, Bermain Melalui Gerak dan Lagu Di Taman Kanak-Kanak, Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Madanijah, S., 2004, Pendidikan Gizi dalam Pengantar Pengadaan Pangan dan Gizi. Penebar Swadaya. Jakarta.

Notoatmodjo, S., 2003, Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Notoatmodjo, S., 2012, Promosi kesehatan dan Perilaku Kesehatan, Rineka cipta, Jakarta.

Riskesdas., 2013, Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan. Depkes RI. Jakarta

Sediaoetama, A.D., 2000, Ilmu Gizi untuk Mahasiswa dan Profesi Jilid 2, Dian Rakyat, Jakarta.

Sulistyoningsih H., 2012, Gizi untuk Kesehatan Ibu dan anak, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 1592 time(s)
PDF: 1977 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.