HUBUNGAN ASUPAN ENERGI DENGAN STATUS GIZI ANAK AUTIS DI YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT (YPAC) KOTA SURAKARTA

Atika Putri Wijayanti(1*), Mutalazimah Mutalazimah(2)

(1) Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jl. A. Yani, Pabelan, Kartasura, Surakarta
(2) Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jl. A. Yani, Pabelan, Kartasura, Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Anak-anak dengan sindrom autis memiliki keterbatasan jenis bahan makanan yang bisa dikonsumsi, karena dapat mempengaruhi pola perilaku, status gizi dan sistem pencernaan anak. Diet bisa menjadi gambaran pemberian makanan pada anak apakah anak sudah menerapkan diet atau tidak. Status gizi lebih banyak terjadi karena ketidakseimbangan antara konsumsi dan pengeluaran energi dari tubuh, status gizi dipengaruhi oleh asupan energi dan nutrisi, aktivitas fisik, jenis kelamin dan faktor genetik. Perilaku menetap dalam mengkonsumsi makanan memiliki efek pada kelebihan berat badan pada anak autis. Mengkaji hubungan antara asupan energi dengan status gizi di Yayasan Pendidikan Anak Cacat (YPAC) Surakarta, Indonesia. Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional observasional, dan dilakukan pada 32 anak yang menderita autis, yang direkrut dengan menggunakan teknik random sampling. Asupan energi diperoleh dengan mewawancarai anak asupan autis dengan menggunakan recall makanan 3x24 jam. Status gizi diperoleh dengan tinggi badan dan berat anak autis. Penelitian bahwa 75% anak-anak penderita autis kekurangan dan 53.1% anak yang mengalami kelebihan berat badan. Ada hubungan antara asupan energi dan status gizi pada anak autis (p = 0,001). Penelitian ini akan memberikan kontribusi untuk memperbaiki asupan energi dan status gizi di Yayasan Pendidikan Anak Cacat (YPAC) Surakarta sehingga anak akan tumbuh dengan optimal status kesehatan.

Keywords

Asupan energi; status gizi; anak autis

Full Text:

PDF

References

Andyca, F. (2012). Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Pada Anak Autis Di Tiga Rumah Autis (Bekasi, Tanjung Priuk, Depok) Dan Klinik Tumbuh Kembang Kreibel Depok. Skripsi. FKM UI.

Ariefiyanto, E. (2004). Beberapa Faktor Risiko Kejadian Obesitas Pada Anak. Universitas Brawijaya. Malang.

Gibney, Michael J, Margetts, Barrie M, Kearney, John M, A. L. (2008). Public Health Nutrition. EGC. Jakarta.

Indrasari, A.P., Mutalazimah, M., Kumalasari, D., Puspa, A. (2018). Perception and Quality of Breakfast on Primary School Children. Journal Neutraceuticals and Herbal Medicine. 1(2), 33–39.

Judarwanto, W. (2015). Perilaku makan anak sekolah. Picky Eaters Clinic, 1–4.

Mulyadi, Kresno, & Sutadi, R. (2016). Autism in Curable. Edisi Revisi. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Kasnodihardjo., Prasodjo, R., & Musadad, D.A. (2009). Gambaran Perilaku Masyarakat Kaitannya dengan Penularan dan Upaya Pengendalian Penyakit Berbasis Lingkungan di Kabupaten Sukabumi. Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ekologi Kesehatan. 57, 1–7.

Rijanti. (2002). Hubungan Konsusmsi Makanan Dan Faktor-Faktor Lain Dengan Status Gizi Anak Sekolah Di SD PSKD Kwitang VIII Depok Tahun 2001. Tesis. FKM UI.

Sari, R. (2012). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi Remaja Usia 12-15 tahun di Indonesian Tahun 2007 (Analisis Data Sekunder Riskesda Tahun 2007). Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Supariasa. (2012). Penilaian Status Gizi. EGC. Jakarta.

Unicef. (2012). Kesehatan Ibu & Anak. UNICEF Indonesia. (Gambar 2), 1–2. doi.org/9870.

WHO. (2006). The world health report 2006: working together for health, World Health. 19, 237. Doi. /10.1186/1471-2458-5-67.

Widodo, R. (2009). Metode Pembelajaran Snowball Throwing. Bumi Aksara. Jakarta.

Yussac. M.A.A., Cahyadi, A., Putri, A.C., Dewi, A. S., Khomaini, A., Bardosono, S., & Suarthana, E., (2009). Prevalensi obesitas pada anak usia 4-6 tahun dan hubungan dengan asuapan serat pola makan. Majalah Kedokteran Indonesia, 57, 1–7.

Zahriansah, A. (2010). Analisa Rambut untuk Menentukan Suplemen Tepat Bagi Anak Autis. Financial Hall Graha Naga. Jakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 2025 time(s)
PDF: 2443 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.