PENYALAHGUNAAN NARKOBA SEBAGAI KEJAHATAN TERHADAP HAK ASASI MANUSIA YANG BERDAMPAK TERHADAP KEBERLANGSUNGAN HIDUP MANUSIA

Mohammad Indra Bangsawan(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jurisprudence.v6i2.3006

Abstract

Penyalahgunaan narkoba merupakan masalah yang kompleks dan memiliki dimensi yang luas, baik dari kesehatan medis, psikiatri, mental, dan psikososial. Jenis-jenis obat yang sering disalahgunakan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya, atau zat yang dapat menyebabkan kecanduan dan ketergantungan. Kehadiran narkoba di dunia memiliki dua sisi paradoksal (berlawanan). Di satu sisi, narkoba yang sangat berguna, terutama kedokteran, farmasi, dan sebagainya. Tapi di penyalahgunaan narkoba sisi lain dapat mengancam kelangsungan hidup manusia, terutama bagi generasi muda di masa depan. Penyalahgunaan narkoba adalah ancaman bagi kelangsungan hidup manusia jelas telah melanggar hak asasi manusia untuk melaksanakan pekerjaan dan menikmati kebebasan hidup yang berorientasi untuk hal-hal yang positif.. Berdasarkan data usia 15-64 tahun 2015 laporan obat Dunia, UNODC (Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan) mengatakan bahwa jumlah pengguna narkoba di tahun 2006 berdasarkan data 208 juta, dan meningkat tajam pada tahun 2013 sebanyak 246 juta , angka ini akan lebih lengkap dengan data dari sumber yang sama yang menyatakan bahwa jumlah penyalahgunaan narkoba bermasalah pada tahun 2006 menyentuh angka 26 juta, dan pada tahun 2013 cenderung meningkat dan melebar menjadi 27,4 juta. Kasus penyalahgunaan narkoba di kalangan mahasiswa sebagai pemuda dan siswa menjadi fokus utama, meskipun banyak korban penyalahgunaan narkoba di samping siswa, tetapi fokus pada mereka adalah yang paling penting, karena siswa yang pernah menyalahgunakan obat akan menjadi sumber bencana besar bagi negara-negara di dunia. Ancaman penyalahgunaan narkoba jelas adalah multi-dimensi: kesehatan, ekonomi, sosial, dan pendidikan, keamanan dan penegakan hukum. Bahaya penyalahgunaan narkoba akan berdampak pada kesehatan, kerusakan fisik dan psikologis, merusak generasi, ketergantungan dan bahkan kematian. Masalah penyalahgunaan narkoba merupakan masalah sentral dalam pembangunan manusia yang berkelanjutan yang harus menjadi isu sentral di berbagai dialog narkoba. Karena memang tidak akan ada pertumbuhan sosial-ekonomi yang baik, jika penyalahgunaan narkoba meningkat dan semakin parah, yang pada gilirannya mempengaruhi kelangsungan hidup generasi muda.

Keywords

Penyalahgunaan narkoba; hak asasi manusia; generasi muda.

References

Badan Narkotika Nasional. 2010. Pelajar dan Bahaya Narkotika. Jakarta: BNN

Badan Pusat Statistik. 2014. Data Kejahatan Narkoba.

B. Simanjuntak. 1981. Beberapa Aspek Patologi Sosial. Bandung: Alumni.

Green Mind Community. 2009. Teori dan Politik Hukum. Yogyakarta: Total Media.

Joewana, Setya. Margiyanti, Lusi. Padmohoedojo, G.Lina. 2001. Petunjuk Praktis Keluarga Untuk Mencegah Penyalahgunaan Narkoba. Yogyakarta: Media Presindor.

Nazir, Moh. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: ghalia Indonesia.

Retnaningsih, Ekowati. 2013. Akaes Layanan Kesehatan. Depok: Rajagrafindo.

Ray, Oakley. Ksir, Charles. 1999. Drugs, Society, And Human Behavior, Eigth Edition. USA: Von Hoffmann Press.

Setiadji, V.Sutarmo. 2007. Awas Jangan Coba-Coba Menjadi Pengguna Narkoba Berbahaya!. Jakarta : Universitas Indonesia Press.

Soetomo. 2008. Masalah Sosial dan Upaya Pemecahannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sunarso, Siswantoro. 2004. Penegakan Hukum Psikotropika Dalam Kajian Sosiologi Hukum. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

UNODC. World Drug Report in 2015

Yanny, L. Dewi. 2002. Narkoba, Pencegahan dan Penangannya. Jakarta: Elex Media Komputindo

Jurnal:

Matompo, Osgar.S. 2014.Pembatasan Terhadap Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Keadaan Darurat. Vol.21 No. 1 . 2014; pp.57-60

Internet:

Wikipedia. 2016. “Korteksorbitofronta”(online), (https://en.wikipedia.org/wiki/Orbitofrontal_cortex.htm.,diakses tanggal 5 Juni 2016).

Wikipedia. 2016. “Hippie” (online),(https://id.wikipedia.org/wiki/Hippie.htm, diakses tanggal 31 Mei 2016).

Wikipedia. 2016. “Perang Saudara Amerika Serikat” (online), (https://id.wikipedia.org/wiki/Perang_Saudara_Amerika_Serikat. htm, Diakses tanggal 31 Mei 2016).

Article Metrics

Abstract view(s): 9924 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 7362 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.