Perancangan Aplikasi Chatting Berbasis Web di PT. Pura Barutama Kudus menggunakan Socket.IO dan Framework Foundation

Ramos Somya(1*),

(1) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/khif.v4i1.5979

Abstract

Aplikasi chatting merupakan aplikasi yang penting pada sebuah perusahaan besar karena dapat dipastikan antara divisi satu dengan divisi yang lain berada di lokasi yang berjauhan. EDP Keuangan PT. Pura Barutama Kudus bertugas dalam pembuatan program aplikasi yang terkait dengan pengolahan data keuangan dan faktur di semua unit di PT. Pura Barutama. Aplikasi keuangan yang telah ada akan selalu berkembang sesuai dengan kebutuhan user. Kendala yang dihadapi adalah aktivitas komunikasi dan penyebaran informasi pada PT Pura Barutama dilakukan dengan menggunakan layanan email maupun aplikasi messenger. Untuk menggunakan layanan tersebut, perangkat yang digunakan harus selalu terkoneksi dengan internet. Apabila internet mati maka komunikasi tidak dapat dilakukan. Jalan satu-satunya untuk menyebarkan informasi adalah dengan menelepon satu-persatu ke tiap-tiap unit. Hal ini menimbulkan ketidakefisienan pekerjaan dan produktivitas perusahaan menjadi terganggu. Pada penelitian ini dilakukan perancangan aplikasi chatting dengan menggunakan Framework CodeIgniter, Socket.IO dan Framework Foundation untuk mengatasi masalah yang ada. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi chatting berbasis web yang dibangun menggunakan Framework CodeIgniter, Socket.IO dan Framework Foundation terbukti dapat membantu user untuk saling berkomunikasi atau melakukan attach file, serta mempermudah melakukan penyebaran informasi atau pengumuman baik dalam kondisi terhubung internet maupun tidak.

Keywords

Aplikasi Chatting, Web, Socket.IO, Framework Foundation, Framework CodeIgniter

References

M. Z. Teddy, dan D. W. Surya, "Aplikasi Chat pada Handphone dan Komputer dengan Media Bluetooth (Bluetooth Chat)," Jurnal Teknologi Informasi - Aiti, vol. 4, no. 1, pp. 60-74, 2009.

S. Roni, dan S. Edhy, "Membangun Aplikasi Chatting Berbasis Multiuser," Jurnal Dasi, vol. 10, no. 1, pp.3-22, 2009.

E. Sularso, W. S. Raharjo, & Y. Lukito, "Implementsi Algoritma RijnDeal 128 pada Aplikasi Chatting Berbasis HTML WebSocket," Jurnal Infromatika, vol. 10, no. 2, pp. 66-79, 2014.

Priyanto, D. (2009). Mahir Komputer Tanpa Kursus. Belajar Mudah Internet. Yogyakarta: MediaKom.

Wardana. (2010). Menjadi Master PHP dengen Framework CodeIgniter. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Anonymous. (2016) Nodesource. [Online], https://nodesource.com/blog/understanding-socketio/, tanggal akses 6 Juli 2016.

Anonymous. (2016) Foundation Zurb. [Online], http://foundation.zurb.com/learn/why-foundation.html/, tanggal akses 6 Juli 2016.

Nugroho, A. (2010). Mengembangkan Aplikasi Basis Data Menggunakan C# dan SQL Server. Yogyakarta: Andi.

Hasibuan, Z. A. (2007). Metodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi : Konsep, Teknik, dan Aplikasi. Jakarta: Ilmu Komputer Univesitas Indonesia.

Pressman, R. S. (2001). Software Engineering : A Practitioner’s Approach.

Article Metrics

Abstract view(s): 1772 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 1209 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.