Pelacak Orang Hilang Menggunakan Sepatu dengan Sistem GPS dan GSM

Mayang Rizqi Ambagapuri(1*), Feby Nurkhalih Putra(2), Mifta Thahira(3), Umi Fadlilah(4),

(1) Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/khif.v4i1.6228

Abstract

Kasus orang hilang merupakan salah satu kasus yang dalam sistem pencariannya membutuhkan petunjuk yang akurat. Salah satu metode pencarian yang akurat adalah dengan menggunakan teknologi GPS akan memberitahu di mana keberadaan lokasi seseorang dengan tepat. Artikel ini mendeskripsikan tentang alat pelacak dengan menggunakan sistem GPS dan modul GSM yang diterapkan pada sepatu. Tujuannya adalah sebagai sistem pelacakan orang hilang dengan memberikan titik lokasi yang akurat. Perancangan dari alat ini meliputi studi literatur, pembuatan program pada rangkaian sistem mikrokontroller dengan menggunakan Arduino, modul GSM sim800 sebagai media untuk mengirim dan menerima SMS dari pengguna, modul GPS tracking sebagai pendeteksi titik koordinat keberadaan orang yang hendak dilacak, membuat desain untuk peletakkan komponen pada sepatu, dan metode terakhir yaitu uji coba alat. Hasil dari penelitian adalah sepatu dapat dilacak ketika alat yang ada di dalam sol sepatu sudah dalam keadaan on/aktif. Sepatu dapat dilacak dengan menggunakan SMS, dengan mengirim sms sesuai dengan kode yang sudah diprogram pada alat. Jika kode sms yang dikirim benar maka alat akan membalas berupa titik koordinat dari pengguna sepatu.

Keywords

alat pelacak, arduino, orang hilang, sepatu

References

E. Srihadi, “Laporan Utama: Fenomena Penculikan Anak,” Update Indonesia, Jakarta, pp. 2–5, 2010.

R. R. Ambarsari, F. A. Andiyansyah, and A. A. Soewandi, “Kajian Yuridis Tentang Perlindungan Hukum Terhadap Perempuan dan Anak Korban Human Traficking,” J. Panor. Huk., vol. 1, no. 1, pp. 57–73, 2016.

A. Setiawan and A. Sadat, “Kasus Penculikan Anak Setiap Tahun Meningkat,” Viva News, 2017. [Online]. Available: http://www.viva.co.id/berita/nasional/897701.

Hanafi, “Aplikasi Pemantauan Keberadaan Lokasi dan Kecepatan pada Kendaraan dengan Menggunakan Teknologi Mobile Data dan GPS dengan Digitalisasi Peta,” J. Teknol., vol. 8, no. 2, 2015.

D. Pratama, D. A. Hakim, Y. Prasetya, N. R. Febriandika, M. Trijati, and U. Fadlilah, “Rancang Bangun Alat dan Aplikasi untuk Para Penyandang Tunanetra Berbasis Smartphone Android,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 2, no. 1, pp. 14–19, 2016.

S. Sonika, D. K. Sathiyasekar, and S. Jaishree, “Intelligent accident identification system using GPS, GSM modem,” Int. J. Adv. Res. Comput. Commun. Eng., vol. 3, no. 2, 2014.

H. H. Irfanhady, “Security car system based GPS and SMS,” Telkom University, 2015.

F. M. Asmawi, “Rancang Bangun Sistem Navigasi Indoor Berbasis Integrasi Symbolic Location Model Dan Wi-Fi Based Positioning System Untuk Studi Kasus Pada Gedung Bertingkat,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2017.

R. Karthik, S. Ranjith, S. Shreyas, and P. Kumar, “Automatic Border Alert System for Fishermen using GPS and GSM techniques,” Indones. J. Electr. Eng. Comput. Sci., vol. 7, no. 1, pp. 84–89, 2017.

Anil, “Mengenal Lebih Dalam Mengenai GPS, Navigasi yang Memudahkan Perjalanan Anda,” 2018. [Online]. Available: http://www.sfdcs.org/technologi/mengenal-lebih-dalam-mengenai-gps-navigasi-yang-memudahkan-perjalanan-anda/. [Accessed: 29-Jun-2018].

A. Juansyah, “Pembangunan aplikasi child tracker berbasis assisted-global positioning system (a-gps) dengan platform android,” J. Ilm. Komput. dan Inform. Ed., vol. 1, 2015.

D. Pratama, E. D. Febrianto, D. A. Hakim, T. Mulyadi, R. W. Halfiah, and U. Fadlilah, “Sistem Keamanan Ganda pada Sepeda Motor untuk Pencegahan Pencurian dengan SMARTY (Smart Security),” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 31–37, 2017.

Article Metrics

Abstract view(s): 2149 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 1215 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.