Penerapan Algoritma AES dan Konversi SMS ke dalam Bahasa KHEK pada Aplikasi Enkripsi Berbasis Mobile Application

Chandra Kirana(1*), Edi Sugianto(2),

(1) STMIK Atma Luhur
(2) STMIK Atma Luhur
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/khif.v5i1.7453

Abstract

Telepon Selular (ponsel) atau dikenal dengan nama HP (handphone) memiliki banyak keunggulan dan kelebihan baik dari segi fasilitas yang dimilikinya, salah satu fasilitas yang banyak digunakan berupa SMS. Akan tetapi fasilitas yang berupa SMS ini memiliki kerentanan berupa penyadapan, maka dari itu diusulkan sebuah aplikasi enkripsi menggunakan algoritma AES dan konversi bahasa khek. Algortima Advanced Encryption Standard (AES) merupakan algoritma kriptografi modern yang bersifat simetris. Pada algoritma AES kunci yang dipakai memiliki panjang bervariasi yaitu 128,192,256 dengan memiliki jumlah ronde yang berbeda pula tergantung panjang kunci-nya. Bahasa Khek adalah bahasa yang dituturkan oleh orang Hakka, memiliki 9 jenis dialek, salah yang digunakan adalah dialek lufang. Dengan menerapkan algoritma AES dan konversi bahasa khek pada aplikasi enkripsi, pengamanan pesan yang dikirim akan terjamin kerahasiaan nya, sehingga pihak yang tidak berwenang, tidak dapat mendapatkan informasi pesan yang dikirimkan. Dalam pengembangan aplikasi selanjutnya diharapkan aplikasi yang dibangun dapat mempunyai fasilitas untuk menyembunyikan sebuah folder yang digunakan untuk menyimpan hasil enkripsi dan juga dekripsi.

Keywords

Algoritma AES;SMS;Kriptografi

References

S. Kromodimoeljo, Teori dan Aplikasi Kriptografi. Jakarta: SPK IT Consulting, 2009.

Y. Yuan, Y. Yang, L. Wu, and X. Zhang, “A High Performance Encryption System Based on AES Algorithm with Novel Hardware Implementation,” IEEE, pp. 4–5, 2018.

A. Prameshwari and N. P. Sastra, “Implementasi Algoritma Advanced Encryption Standard ( AES ) 128 Untuk Enkripsi dan Dekripsi File Dokumen,” Eksplora Inform., 2018.

G. C. Prasetyadi, R. Refianti, and A. B. Mutiara, “File Encryption and Hiding Application Based on AES and Append Insertion Steganography,” vol. 16, no. 1, pp. 361–367, 2018.

D. Darwis, R. Prabowo, and N. Hotimah, “Kombinasi Gifshuffle, Enkripsi AES dan Kompresi Data Huffman Untuk Meningkatkan Keamanan Data,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 4, pp. 389–394, 2018.

A. Purwinarko and W. Hardyanto, “A Hybrid Security Algorithm AES and Blowfish for Authentication in Mobile Applications,” vol. 5, no. 1, pp. 76–80, 2018.

B. Satrio, W. Poetro, and R. Wardoyo, “Perbandingan Efisiensi , Efektifitas dan Kualitas Algoritma Rijndael dengan Algoritma Camellia pada Citra Digital,” J. UGM, vol. 4, pp. 281–291, 2014.

Y. Kurniawan, Kriptography Keamanan Internet dan Jaringan Komunikasi. Bandung: Informatika, 2004.

I. Ahmad and W. Widodo, “khazanah informatika Penerapan Algoritma A Star ( A *) pada Game Petualangan Labirin Berbasis Android,” khazanah Inform., vol. 3, no. 2, pp. 57–63, 2017.

Article Metrics

Abstract view(s): 1525 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 771 time(s)

Refbacks