Pengaruh Media Sosial TikTok terhadap Kreativitas Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2019

Annisa Nurintha Fitri(1*), Lestari Bunga Pertiwi(2), Marisa Puspita Sary(3)

(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Tiktok merupakan salah satu media social yang sedang viral dan memiliki daya tarik yang cukup baik, selain untuk mengekspresikan diri TikTok dapat digunakan sebagai media pengembangan kreativitas untuk itu peneliti tertarik untuk meneliti hal tersebut. Penelitian ini dibahas dengan menggunakan komunikasi persuasive dikaitkan dengan kognitif,afektif,dan konatif. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menyebarkan kuisioner secara daring kepada 45 responden mahasiswa Ilmu komunikasi UNJ. Teknik penarikan sampelnya purposive sampling. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa media social TikTok memiliki pengaruh terhadap pengembangan kreativitas mahasiswa.

 

References

Alma, B. (2011). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Malhotra, N. K. (2010). Marketing Research.

Neuman, W. L. (2014). Basic of Social Research: Qualitative & Quantitative Approaches. Pearson.

Oktavia, Y. (2014). Usaha Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 808–831.

Pamungkas, R. T., & Djulaeka. (2019). Perlindungan Hukum Pemegang Hak Cipta Atas Lagu yang DIunggah pada Aplikasi Tiktok. Simposium Hukum Indonesia, 1(1), 394–423.

Puspita, Y. (2015). Pemanfaatan New Media dalam Memudahkan Komunikasi dan Transaksi Pelacur Gay. Jurnal Pekommas, 18(3), 203–212.

Situmorang, J. R. (2012). Pemanfaatan Internet Sebagai New Media Dalam Bidang Politik, Bisnis, Pendidikan, dan Sosial Budaya. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 73–87.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Suryana, Y., & Bayu, K. (2013). Kewirausahaan. Jakarta: Kencana.

Tekeng, S. N. Y. (2016). Promosi Pengembangan Kreativitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 19(1), 90–99.

Article Metrics

Abstract view(s): 9872 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 11426 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.