Strategi Komunikasi Radio Suara Salatiga Dalam Upaya Mendapatkan Loyalitas Pendengar Di Era Digital (Studi Konvergensi Media Dengan Pendekatan Budaya Lokal)

Haniel Setiawan(1*), Rini Darmastuti(2)

(1) Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
(2) Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
(*) Corresponding Author

Abstract

Radio merupakan salah satu media massa yang populer untuk penyampaian informasi dari masa ke masa, termasuk dalam era digitalisasi pada saat ini. Hal ini disebabkan karena radio memiliki tiga kekuatan yang tidak dimiliki oleh media lain, yaitu mobilitas tinggi, realitas, dan kesegaran, termasuk dalam era digitalisasi pada saat ini. Kekuatan inilah yang membuat radio tidak ditinggalkan oleh pendengarnya, termasuk Radio Suara Salatiga. Berdasarkan latar belakang diatas, tulisan ini memiliki tujuan untuk strategi komunikasi yang lakukan radio Suara Salatiga dalam era digitalisasi untuk mempertahankan loyalitas pendengar. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, ada 3 hasil yang diperoleh dari tulisan yang dijelaskan pada artikel ini. Yang pertama, dalam menghadari era digital, radio Suara Salatiga melakukan konvergensi media melalui siaran streaming serta dengan menggunakan media sosial seperti Facebook, Website dan Instagram. Kedua, Loyalitas dengan pendengar dilakukan melalui  jumpa pendengar, menyapa pendengar setia, serta memberian perhatian kepada komunitas pendengar. Ketiga, strategi komunikasi dilakukan dengan perencanaan yang dimulai dengan riset sampai dengan evaluasi

References

Asy’ari, N. A. S., & Luthfi, M. (2018). Analisis Penerapan Konvergensi Media Pada Usaha Penyiaran Radio Di Ponorogo. Perspektif Komunikasi, 1(2). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/perspektif/article/view/3892

Hastasari, C., W, D. T. C., Sari, D. K., Rahayu, I. B., Lestari, I. G., Rusdiana, J., Karunianingsih, Wijaya, M., MS, P. S. R., Kusuma, R., Herwandito, S., Sukmi, S. N., Syaibani, Y. A., & Muktaf, Z. M. (2014). New Media Teori dan Aplikasi. Satya Wacana University Press.

Hurriyati, R. (2008). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. CV. Alfabeta.

Liliweri, A. (2011). Komunikasi: Serba Ada Serba Makna (Edisi Pert). Kencana Prenada Media Group.

Masduki. (2004). Menjadi Broadcaster Profesional (R. Suffatni (Ed.)). Pustaka Populer LKiS Yogyakarta.

Purwasito, A. (2003). Komunikasi Multikultural. Muhammadiyah University Press.

Putra, A. M., Wardhani, D., & Buana, T. M. (Eds.). (2012). The Reputation Of Communication In The Dynamic Of Convergence: Reposisi Komunikasi Dalam Dinamika Konvergensi (Edisi 1). Kencana Prenada Media Group.

Romli, A. S. M. (2009). Dasar-Dasar Siaran Radio. Nuansa.

Sugiyono. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. CV Alfabeta.

Sukandarrumidi. (2012). Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula. Gadjah Mada University Press.

Wiranto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi (S. Darwin (Ed.)). PT Grasindo.

Article Metrics

Abstract view(s): 1346 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 1462 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.