Strategi Lobi dan Negosiasi Pembangunan Sekolah Di Utara, Kampung Baru Nelayan, Cilincing RT 07/ RW 08 Jakarta Utara

Khairunnisa Rosdiani(1*), Bimantara Krisna(2), Muhamad Ivan Hidayatullah(3), Dini Safitri(4)

(1) 
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(4) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Terlepas dari latar belakang setiap orang, pendidikan merupakan hal yang penting bagi setiap insan. Pendidikan merupakan proses membina generasi yang maju dan berbudaya untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi lobi dan negosiasi pembangunan Sekolah Di Utara, Kampung Baru Nelayan, Cilincing RT 07/ RW 08 Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengambilan data melalui wawancara dan observasi. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah dalam membuat suatu keputusan tentunya dalam lobi dan negosiasi perlu adanya kolaborasi antar pihak-pihak yang terkait sehingga pada hasilnya tercipta sebuah kesepakatan yang saling menguntungkan kedua pihak. Pembangunan Sekolah Di Utara menggunakan beberapa inisiatif untuk menciptakan solusi yang saling menguntungkan baik dari pihak kampung nelayan maupun dari pendiri sekolah. Lalu dalam melaksanakan negosiasi terdapat aspek paling penting yaitu rasa percaya dan juga ingin membantu satu sama lain, aspek ini menjadi landasan terbangunnya sekolah hebat di kawasan Kampung Nelayan

References

to, A. (2020). Praktik Lobi dan Negosiasi oleh Legislator Sebagai Bentuk Komunikasi Politik. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 12(1), 25–39.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research and Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: Sage Publication, Inc.

Dawson, R. (2019). Power Negotiating for Salespeople : Inside Secrets from a Master Negotiator. United States: Career Press.

Hasanah, K. (2019). Strategi Lobi Dan Negosiasi Nahdlatul Ulama (Nu) Dalam Konflik Kebijakan Hari Sekolah. Alfuad: Jurnal Sosial Keagamaan, 3(2), 25–34.

Ikhsan, M. F., & Mandalia, S. A. (2015). Komunikasi Public Relations Dalam Implementasi Teknik Lobi Dan Negosiasi Pada Kegiatan Eksternal Telkom Foundation. E-Proceedings of Management, 2(1), 934–951.

Joos, K. (2011). Lobbying in The New Europe. Boschstr: Wiley-VCH.

Laras, H., & Maryani, D. (2020). Strategi Lobi Dan Negosiasi Dalam Membina Hubungan Baik Dengan Klien Pada PT Wijaya Karya Beton Tbk. Pantarei, 4(2), 1–8.

Madiistriyatno, H. (2020). Catatan Praktis Lobi & Nego untuk Bisnis. Tangerang: PT RajaGrafindo Persada.

Miller, O. (2014). The Negotiation Style: A Comparative Study between the Stated and in- Practice Negotiation Style. Procedia, 124(2014), 200–209.

Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Niasar, A. (2020). Strategi Lobi dan Negosiasi Proses Legislasi Undang-undang Pemberatasan Tindak Pidana Terorisme. Jurnal InterAct, 9(1), 51–59.

Nofriansyah, I. (2015). Lobi dan Negosisasi Pada Harian Pagi Metro Riau dalam Mempertahankan Pengiklan. JOM FISIP, 2(1), 1–15.

Nur Cahyaningsih, D. (2017). Strategi Lobi dan Negosiasi Serikat Pekerja dalam Manajemen Krisis Perusahaan (Studi Kasus Strategi Lobi dan Negosiasi Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) Dalam Proses Alih Kelola Blok Mahakam). Interaksi Online, 5(4), 1–15.

Oliver, D. (2010). How To Negotiate Effectively (3rd ed.). United Kingdom: Kogan Page.

Sardi, & Lubis, A. (2018). Peran Lobi dan Negosiasi Public Relations PT Bintang Putra Alexander dalam Menjalin Hubungan Kerjasama dengan PT Angkasa Pura II Di Bandara Soekarno Hatta. Pantarei, 2(2), 1–8.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, N. M. R., & Budiasa, I. M. (2013). Negosiasi dan Kontrak Dagang dalam Perdagangan Internasional “Export” Di Fa. ARI. Soshum Jurnal Sosial Dan Humaniora, 3(1), 108–117.

Webster. (2021). Definition of Lobby. Retrieved April 1, 2021, from https://www.merriam-webster.com/dictionary/lobbying

Article Metrics

Abstract view(s): 2188 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 2795 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.