Komunikasi Bencana Melalui Opinion Leader

Tjut Afrieda Syahara(1*), Muhammad Ngizzuddin Alfaruqi(2), Panji Alkhoroni(3), M. Imron Rosyidi(4)

(1) Universitas Muhammadiyah Magelang
(2) Universitas Muhammadiyah Magelang
(3) Universitas Muhammadiyah Magelang
(4) Universitas Muhammadiyah Magelang
(*) Corresponding Author

Abstract

Pemberdayaan komunikasi pemuka pendapat atau opinion leader dalam penanganan bencana perlu ditingkatkan, karena pemuka pendapat banyak berperan dalam kegiatan penanganan bencana. Orang-orang yang menjadi opinion leader pada umumnya memiliki karakter seperti memiliki pendidikan formal, tingkat kecerdasan yang lebih tinggi, lebih besar daya inovasinya, lebih tinggi status ekonominya dan lebih terekspos oleh media. Masyarakat merupakan pelaku penting dalam upaya untuk mengurangi kerentanan dengan meningkatkan kemampuan diri dalam menangani dan menghadapi bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan pendekatan atau strategi yang dilakukan oleh opinion leader dalam menyampaikan terkait kebencanaan dan informasi yang berkaitan dengan mitigasi bencana. Dengan menggunakan menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Peningkatan kapasitas atau kemampuan masyarakat perlu diberikan agar masyarakat memahami, siap dalam menghadapi bencana. Masyarakat juga diketahui memiliki pengetahuan yang sangat rendah tentang bencana, Maka dari itu peran dan kinerja dari seorang opinion leader itu penting untuk bisa memberikan pengetahuan, penyuluhan, informasi, pendekatan kepada masyarakat yang terdampak bencana.

References

Badri, M., & Hubeis, M. (2008). Pemberdayaan komunikasi pemuka pendapat dalam penanganan bencana gempa bumi di yogyakarta (kasus kabupaten bantul). Jurnal Komunikasi Pembangunan, 6(1).

Edyanto, C. H. (2014). Partisipasi Masyarakat Sebagai Upaya Untuk Mengurangi Risiko Bencana Tsunami DI Daerah Pantai. JSTI, 16(3), 26-32.

Lestari, P. (2018). Komunikasi Bencana: Aspek Penting Pengurangan Risiko Bencana. (R. d. Lima, Ed.) Yogyakarta: PT Kanisius.

Putri, C. P., & Hamzah, R. E. (2021). Aplikasi Peduli Lindungi Mitigasi Bencana Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(1), 66-78.

Rahmawati, W., & Sugiantoro, H. A. (2019). Pola Jaringan Komunikasi Layanan Kesehatan bagi Penyandang Disabilitas Korban Erupsi Gunungapi Merapi. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 7, 97-104.

Wardyaningrum, D. (2018). KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP INFORMASI TRADISIONAL DAN MODERN PADA PERISTIWA BENCANA ALAM. Jurnal ASPIKOM, 3, 609-622.

Wicaksono, R. D., & Pangestuti, E. (2019). Analisis Mitigasi Bencana Dalam Meminimalisir Risiko Bencana (Studi pada Kampung Wisata Jodipan Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 71(1), 8-17.

yuanita, D. (2021). Peran key opinion leader Dalam Strategi public relations Pada Komunikasi Krisis Perusahaan. PRofesi Humas, 6(1), 23-44.

Article Metrics

Abstract view(s): 344 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 376 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.